Pertunjukan Tari Malulo Suku Tolaki Sulawesi Tenggara

Pertunjukan Tari Malulo Suku Tolaki Sulawesi Tenggara - Tari Malulo adalah tari yang berasal dari Sulawesi Tenggara yang dilakukan secara masal pria dan wanita. Tari Malulo adalah tarian adat tradisional suku Tolaki Sulawesi Tenggara

Fungsi tari Malulo ini digunakan dalam Upacara adat dan pada akhir upacara semua hadirin yang datang menarikan bersama. Iringan yang digunakan adalah alat musik tradisional. Tari ini diwariskan secara turun temurun dan berbentuk melingkar.

Pertunjukan tari Malulo ini membutuhkan tempat yang luas dan berbentuk lingkaran besar dan kecil. Keunikan tari ini yang juga bermakna filosofi, para penari Malulo saling berpegangan tangan yang diperagakan oleh setiap penari diharuskan telapak tangan pria berada di bawah telapak tangan wanita. 

Pertunjukan Tari Malulo Suku Tolaki Sulawesi Tenggara

Gerakan tari ini didominasi oleh gerakan tangan dan kaki dengan ayunan maju dan mundur juga kekiri dan kekanan sesuai dengan irama musik pengiring gong.  Alat musik gong dalam pertunjukan tari Malulo berkaitan dengan gerakan penari dengan irama tertentu pada waktu penari membentuk formasi sebuah lingkaran.

Seiringan dengan perkembangan zaman kini iringan tari ini juga mengalami perkembangan yaitu dengan musik elektron dengan tempo musik terlalu cepat dan semakin cepat, selain itu iringan tari ini juga menggunakan iringan vokal lagu adat. Baca Tari Galangi Sulawesi Tenggara.

Busana yang digunakan adalah busana khas adat untuk acara adat, sedangkan untuk upacara diluar adat dilakukan dengan bebas, dan dalam event seperti festival dengan menggunakan busana khas adat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel