Simbol Patung Naga Hijau Di Pulau Buton

Simbol Patung Naga Hijau Di Pulau Buton - Bagi masyarakat Pulau Buton naga dianggap hewan mistis. Di Pulau Buton selain atap rumah panggung serta gedung yang terdapat pahatan nenas dan juga naga. Hewan naga ini dapat ditemui diberbagai sudut kota. 

Patung yang berupa naga tersebut dapat anda temukan di pantai kamali yang terletak di Kota Bau - bau dengan tampilan patung naga berwarna hijau. Patung - patung naga tersebut juga di pasang hampir disetiap rumah, hal tersebut dapat anda temui di Kabupaten Buton Pasarwajo. Selain itu, patung naga juga terpasang di gedung pemerintahan Pulau Buton. 

Simbol Patung Naga Hijau Di Pulau Buton

Berdasarkan sumber yang tersedia hewan naga adalah merupakan sebuah garis keterkaitan antara Buton dengan Cina pada masa lalu yang dianggap pernah ada di dongeng bangsa Cina yang menurut sejarah terjadi kontak dialog dengan tokoh di tanah Buton.

    Sedangkan kisah naga dengan Pulau Buton adalah Lawero adalah hewan yang bentuknya mirip naga dan berbentuk ular mempunyai surai dan rumbai di sekujur tubuhnya.

    Lawero ini dapat berkokok seperti ayam, Lawero ini hampir sama dengan patung yang dulu dipasang di rumah anjungan Sulawesi Tenggara di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Sekarang Patung Lawero  yang mendekati kenyataan adalah patung yang terdapat dikantor Bupati Buton di Pasarwojo. Lawero hingga saat ini masih kontroversial dan hanya sebuah mitos. Baca Kain Tenun Dan Tudung Saji Panamba Kerajinan Khas Tradisional Pulau Buton.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel