Tari Ma Badong Tarian Tradisional Toraja Sulawesi Selatan

Tari Ma' Badong Tarian Tradisional Toraja Sulawesi Selatan - Tari Ma' badong adalah salah satu tarian yang berasal dari Toraja Sulawesi Selatan. Tari Ma'Badong terbentuk dari dua kata Ma' dan Badong. Ma' berarti melakukan dan Badong merupakan sebuah tarian dan nyanyian kedukaan dengan syair dukacita yang ditampilkan pada upacara kematian di Toraja.

Selain Ma'badong terdapat juga Pa'badong. Pa'badong berarti pelaku atau penari. Jadi, Ma' badong berarti melakukan tari dan Pa'badong berarti pelaku tari atau penari. 

Tarian Badong ini ditampilkan pada tanah lapang atau sebuah pelataran luas dan dilakukan pada upacara kematian di Toraja, atau di tengah lantang sebuah rumah adat digunakan untuk sekali pakai pada acara pesta kematian. Baca Tari Pagellu Sulawesi Selatan.
Pelaksanaan Tarian Badong ini dari keluarga yang berduka memilih siapa saja sanak saudara, keluarga, rekan atau orang lain yang menjadi penari atau Pa' Badong untuk upacara kematian. 

Tari Ma' Badong Tarian Tradisional Toraja Sulawesi Selatan

Busana yang digunakan oleh para Pa'Badong berwarna hitam dan sarung hitam atau busana adat Toraja. Busana Pria dan wanita berbeda. Jumlah penari mencapai hingga ratusan penari. Tamu juga diperbolehkan menari dengan pakaian bebas. 

Bentuk tari ini dengan dengan gerakan lingkaran besar dan menyempit serta gerak kepala ke depan serta kebelakang, bahu kekiri kekanan dan gerak bahu maju mundur.Tangan penari bergandengan terkait dengan jari kelingking. Gerakan kaki disepakan kedepan dan belakang secara bergantian. Gerakan tarian yang unik ini diwariskan secara turun temurun. 

Nyanyian Pa'Badong sebagai iringan tari. Lagu yang dinyanyikan menceritakan riwayat hidup dan doa kepada yang meninggal dunia. Nyanyian ini dalam bahasa Toraja. Upacara kematian di Toraja dilakukan oleh keluarga status sosial yang tinggi atau banyak harta kekayaan. Baca Asal Usul Tari Pakarena.

Urutan Sajian Pelaksanaan Ma' Badong Secara singkat 

Pada awal empat lagu badong dinyanyikan berturut - turut. Lagu Badong tersebut dapat berisi badong ratapan, nasihat, berarak dan juga badong selamat. Setelah itu dinyanyikan syair doa serta riwayat hidup cara ini juga hingga tari nyanyian Pa'badong selesai dan Upacara kematian selesai.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel