Asal - Usul Tari Kuda Gepang Dan Gerakan Tari

Asal - Usul Tari Kuda Gepang Dan Gerakan Tari - Tari Kuda Gepang adalah tarian masyarakat Banjar yang kini jarang di jumpai. Para pelaku seni yang memainkan tarian ini adalah di kecamatan padang batung serta kecamatan Hulu Sungai selatan atau Kalimantan Selatan. 

Gerakan penari kuda gepang ini berbeda dengan tari kuda lumping yang menunggang kuda. Gerakan tari kuda Gepang ini tidak menunggang kuda melainkan hanya dikepit diketiak. Berikut ini sejarah singkat tari Kuda Gepang.

Pada jaman dulu raja Banjar terkenal sakti. Pada suatu hari Lambung Mangkurat berlayar ke Jawa untuk menemui Raja Majapahit dengan kapal Prabayaksa kemudian setelah bertemu Gajah Mada diantar untuk bertemu Raja Majapahit. 

Asal - Usul Tari Kuda Gepang Dan Gerakan Tari

Setelah seminggu di Majapahit akhirnya Lambung Mangkurat pamit pulang ke negara Dipa. Saat Kepulanganya Lambung Mangkurat diberi hadiah seekor kuda besar dan terbaik di Kerajaan Majapahit, kuda tersebut berwarna putih dan gagah.

Untuk mengetahui kehebatan kuda tersebut Tumenggung Tatah jiwa menyarankan agar menunggang Kuda pemberian raja Majapahit. Kuda itu akhirnya selalu lumpuh setelah tiga kali Lambung Magkurat mencoba menunggang kuda sebelum masuk ke kapal Prabayaksa.

Dengan kesaktianya kuda tersebut tampak kecil setelah Lambung Mangkurat memeluk kuda itu dengan kesaktianya dan akhirnya kuda tersebut dikapit di ketiak dan dibawa naik kapal Prabayaksa sampai Banjar dan sejak itu tari kuda Gepang dijepit di ketiak.

Demikian Asal - Usul Tari Kuda Gepang Tari daerah Banjar Kalimantan Selatan Dan Gerakan Tari. Dapatkan ragam ulasan kesenian daerah yang berasal dari Banjar Kalimantan selatan dan keunikan, keindahan karya seni dan nilai yang terdapat pada seni tradisional maupun modern. Dapatkan juga ulasan ragam jenis seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

 Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel