Daya Tarik Pertunjukan Tari Giring - Giring Tarian Tradisional Kalimantan Tengah

Daya Tarik Pertunjukan Tari Giring - Giring Tarian Tradisional Kalimantan Tengah - Tari giring - giring tarian tradisional Dayak Kalimantan tengah dan menggunakan tongkat sebagai atribut tari untuk mengekspresikan kegembiraan dengan media tongkat untuk menari.
Tariana Giring - giring sebelum populer di Kalimantan tengah sebelumnya berasal dari Suku Dayak Ma' anyan dan kini di Kabupaten Barito tari ini berkembang. Giring sendiri adalah nama tongkat dan biasa disebut Gangerang oleh masyarakat Kalimantan tengah. 

Terdapat dua jenis tongkat dalam tarian giring ini yaitu tongkat panjang dan pendek, tongkat panjang untuk menghentakan ke lantai dan tongkat pendek dengan tangan kanan dengan cara main diayunkan. Tongkat pendek menghasilkan bunyi dengan dengan di isi biji piding.

Daya Tarik Pertunjukan Tari Giring - Giring Tarian Tradisional Kalimantan Tengah

Gerakan tarian ini unik dan cukup sulit selain menari para penari juga memadukan suara hentakan. Ketika menari para penari membutuhkan konsentrasi dan kombinasi. Keunikan tarian asal Kalimantan Tengah ini terletak pada kombinasi antara suara dan gerakan. 

Alat musik yang digunakan untuk mengiringi adalah alat musik tradisional gendang, kangkanung dan gerantung. Musik iringan dan tongkat harus dipadukan dan membentuk ritme. 

Hentakan tongkat panjang serta keserasian bunyi dan gerakan serta irama iringan tarian ini menimbulkan daya tarik tari Giring - giring.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel