Gendang Beleq Pertunjukan Alat Musik Tradisional Suku Sasak Pulau Lombok

Gendang Beleq Pertunjukan Alat Musik Tradisional Suku Sasak Pulau Lombok- Gendang Beleq adalah kesenian tradisional yang cara memainkanya dengan cara kelompok dengan ukuran gendang besar sebagai alat musik utama. Ukuran alat gendang beleq dan tergolong unik karena berbeda dengan gendang pada umumnya. Gendang Beleq adalah kesenian tradisional yang berasal dari Suku Sasak Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).
Alat musik Gendang Beleq jaman dahulu digunakan untuk musik iringan para prajurit yang berjuang ke medan perang yang dipercaya bunyi gendang beleq mampu memberikan penyemangat para prajurit dan berani bertempur membela kerajaan mereka. 

Kini Gendang Beleq digunakan sebagai alat musik pengiring dari sebuah upacara adat, budaya, hiburan rakyat dan kesenian yang dimainkan dengan beberapa alat musik tradisional lain. Gendang Beleq terbentuk oleh dua kata Gendang dan Beleq. "Beleq dalam bahasa suku Sasak berarti besar dan gendang diartikan sebagai alat musik yang digunakan dan diartikan gendang beleq adalah gendang yang berukuran besar. 

Gendang Beleq Pertunjukan Alat Musik Tradisional Suku Sasak Pulau Lombok

Fungsi Gendang Beleq ditampilkan untuk berbagai upacara adat atau acara hiburan dan gendang beleq masih menyakralkan gendang beleq karena memiliki nilai filosofis dan disakralkan. Alat musik ini juga berkaitan dengan jati diri dan jiwa kepahlawanan masyarakat Suku Sasak. 

Pertunjukan gendang beleq ini terdapat dua gendang beleg yang dinamakan dengan gendang mama dan gendang nine, gendang kodeq (gendang kecil), prembak baleq, prembak kodeq, reong, petuk, gong penyelak, gong besar, gong oncer, dan lelontek. Sekian banyak alat musik gendang beleq tersebut dimainkan secara berkelompok. 

Hingga kini pertunjukan gendang Beleq masih terus dilestarikan sebagai pertunjukan kesenian yang terkenal di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel