Ragam Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Ragam Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat - Alat Musik di daerah Sulawesi Barat sangat beragam selain bentuk dan cara membunyikanya. Berikut ini adalah ragam alat musik tradisional Sulawesi Barat.
Pakkeke
Alat musik ini memiliki ciri khas pada bunyi yang dihasilkan dan merupakan sebuah keunikan alat musik tiup tradisional Mandar selain bentuknya. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan ukuran kecil dan ujungnya terdapat daun kelapa kering yang dililitkan yang menghasilkan sebuah efek bunyi. 

Alat musik ini dimainkan oleh masyarakat Sulbar untuk mengisi kesepian para petani ketika menunggu sawah dan ladang mereka. Alat musik ini seiring perkembangan jaman sering ditampilkan dalam seni pertunjukan musik etnis tradisional. 

Alat Musik Calong
Alat musik ini  awalnya dimainkan secara individu atau solo. alat musik calong ini merupakan alat musik dengan bahan dasar buah kelapa dan bambu. Perkembangan alat musik ini dapat dimainkan secara masal. 

Selain dimainkan secara masal alat musik ini kini telah berkembang menjadi sebuah instrumen dalam berbagai seni pertunjukan musik tradisional Sulawesi barat dan dikolaborasikan dengan alat musik tradisional lainya. 

Ragam Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Alat Musok Gongga Lima
Alat musik ini termasuk Idiopon yang terbuat dari bambu yang cara membunyikanya dengan cara dipukul dengan tangan. Gongga dan lima dua kata untuk nama alat musik, Gongga berarti alat itu sendiri dan lima oleh bahasa Mandar berarti tangan.

Alat musik Gongga lima hampir sama dengan Parappasa yang terdapat di Gowa Sulsel. Perbedaanya terletak pada penampilan, alat Gongga lima berupa belahan bambu kecil yang menyerupai sapu lidi. Cara membunyikan alat ini dengan cara membenturkan kebenda lain.

Rebana / Rawana
Alat musik rebana telah banyak terdapat hampir diseluruh didaerah Nusantara. alat musik ini termasuk membranopon yang sumber bunyinya menggunakan kulit. Rebana oleh masyarakat Sulawesi Barat disebut dengan Rawana. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipukul dan termasuk alat musik perkusi tidak bernada.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel