Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Kecapi Mandar Kacaping Tobain

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Kecapi Mandar "Kacaping Tobaine" - Sulawesi barat merupakan daerah yang merupakan hasil dari pemekaran SulSel. Karya seni yang berkembang di Sulawesi Barat ini juga tidak beda jauh dengan perkembangan alat musik yang terdapat di SulSel. 

Perkembangan alat musik tradisional di Sulawesi Barat juga sangat mudah ditemukan di daerah Polewali Mandar dengan kepandaian masyarakatnya memainkan kecapi Mandar, rebana, gongga atau alat pukul dari bambu, keke atau alat tiup terbuat dari bambu dan calong adalah alat pukul berupa bilah bambu dan juga batok kelapa.

Berikut ini adalah Alat musik Tradisional Sulawesi Barat :

Kecapi Mandar
Kecapi Mandar termasuk alat musik tradisional yang berasal dari Poliwali Mandar. Kecapi Mandar juga disebut dengan Kacapaing Tobaine. Bentuk kecapi ini sekilas terlihat seperti miniatur perahu yang terbuat dari kayu serta dua dawai.


Kecapi Mandar ini dimainkan oleh individu dirumah-rumah sebagai pelipur lara, perkembangan alat musik ini akhirnya menjadi hiburan dan acara sunatan serta perkawinan. Kecapi ini juga dimainkan dari rumah ke rumah dan lorong ke lorong. 

Terdapat tiga tema besar lagu yang dibawakan permainan kecapi, yaitu Tolo yang bercerita kepahlawanan, Tere adalah nyanyian pujian kepada orang dan Masala sebuah nyanyian religi. 

Keunikan lagu- lagu yang dinyanyikan ini dengan lirik yang tidak terbatas. Lirik yang dibawakan dapat diciptakan oleh pemain kecapi secara spontan dengan berdasarkan yang dilihat dan sesuai dengan tema acara. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel