Alat Musik Tradisional NTT Ragam Jenis Bentuk Dan Cara Membunyikan

Alat Musik Tradisional NTT Ragam Jenis Bentuk Dan Cara Membunyikan - Nusa Tenggara Barat yang disingkat NTT adalah daerah yang dikenal kaya dengan budaya dan tradisi yang unik. Keunikan alat musik misalnya adalah Sasando yang telah dikenal di berbagai negara di dunia. Berikut ini adalah ragam jenis alat musik tradisional NTT.

Alat Musik Sasando
Alat musik ini berasal dari pulau Rote dengan nama panjang Sasando Rote dan cara membunyikanya dengan dipetik. Terdapat dua bagian utama dari alat musik ini, yaitu bagian terbuat dari bambu dan daun lontar. 

Pada bagian bambu adalah tempat melekatnya dawai sasando sebanyak 28 dawai atau sasando engkel dan 56 dawai sasando dobel, atau 84 dawai. Dawai tersebut memiliki ukuran panjang yang beragam dan dipasang melingkar bambu. 

Agar bunyi yang dihasilkan terdengar lebih nyaring dan jelas dipasang daun lontar pada bagian belakang terikat dengan bambu. Bentuk unik dari sasando ini terletak pada lengkungan.

Alat Musik Tradisional NTT Ragam Jenis Bentuk Dan Cara Membunyikan


Alat Musik Heo
Alat musik Heo adalah alat musik gesek yang terbuat dari papan. Alat untuk menggesek terbuat dari ekor kuda. Terdapat empat nada dasar dengan empat buah dawai. Cara membunyikan alat ini sama dengan memainkan biola. 

Alat Musik Foy Doa
Alat musik tradisionl yang berasal dari masyarakat Flores. Foy Doa berarti suling ganda. Alat ini tersusun dua atau lebih dan dimainkan secara bersama. Foy Doa ini digunakan untuk mengiringi syair yang berisi petuah oleh para tetua bagi anak- anaknya masyarakat Flores. 

Alat Musik Foy Pai
Foy ini sama dengan Foy doa dan termasuk alat musik tiup. Foy pai berupa suling bambu dengan menyerupai angka 4 dan menghasilkan nada dasar do, re, mi, fa, sol, la, si, do dan dimainkan sebagai pelengkap foy doa.

Alat Musik Knobe Khabetas
Alat musik ini dipercaya sejak jaman batu. Alat ini berbentuk seperti busur panah dan berupa lengkungan bambu yang terikat dengan tali tipis dan lebar. Cara membunyikan alat ini dengan cara ditiup dan dimainkan sebagai hiburan di sawah untuk menunggu tanaman dan serangan hama. 

Alat Musik Knobe Oh
Cara memainkan alat ini sama dengan Knobe Khabetas. Alat ini berbeda bentuk dengan knobe khabetas. Alat ini terbuat dari sebuah bilah bambu sepanjang 12,5 cm dan sebagai resonator ketika ditiup disisakan kulit ari bambu.

Alat musik Prere
Alat ini hanya bernada do dan re yang terbuat dari ruas bambu kecil dengan ukuran pendek. Bagian dalam terdapat suatu membran dan bergetar ketika ditiup sehingga menghasilkan suara. Dengan adanya tambahan daun pandan pada bagian ujung menghasilkan suara yang lebih besar. 

Alat Musik Leko Boko
Alat musik unik ini terbuat dari labu hutan dan usus kuskus untuk dawainya dan instrumen ini juga disebut bijol. Cara membunyikan alat ini dengan cara digesek.

Demikian ulasan artikel Alat Musik Tradisional NTT Ragam Jenis Bentuk Dan Cara Membunyikan. dapatkan ulasan menarik lainya seputar kesenian Nusa tenggara timur dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel