Pertunjukan Ragam Tari Tradisional Sulawesi Barat

Pertunjukan Ragam Tari Tradisional Sulawesi Barat - "Tari Bamba Manurung" adalah tari tradisional Sulawesi barat dan berasal dari daerah Mamuju. Tarian ini dilakukan pada upacara pesta adat di Mamuju. 

Tari ini ditampilkan oleh penari wanita dengan busana khas adat Sulawesi Barat yang disebut dengan Baju badu. Baju badu ini menggunakan aksesoris bunga beru - beru atau bunga melati yang menghiasi pada bagian kepala penari. Properti yang digunakan pada tari ini dengan menggunakan kipas seperti tari Patuddu.

Tari Bulu Londong

Tari Bulu londong merupakan tarian tradisional Sulawesi Barat yang berasal dari suku mamasa. Tarian ini ditampilkan dengan kostum prajurit pria yang lengkap dengan senjata seperti prajurit pada jaman kerajaan. Tari ini termasuk tari perang. 

Tarian ini diadakan oleh masyarakat mamasa sebagai Sanaya atau sebagai Nazar. Nazar ini menang dalam medan perang atau karena telah sembuh dari penyakit. Upacara yang dilakukan disebut dengan Rambutuka sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan dan kesembuhan penyakit. Bulu Londong ini juga ditampilkan pada upacara adat Rambutuka. 

Pertunjukan Ragam Tari Tradisional Sulawesi Barat

Tari ma' Bundu

Tari ini adalah sebuah tari kreasi baru dan merupakan tarian perang tradisional yang terdapat di Kalumpang dan Kecamatan Boneha Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 

Tarian ini menggambarkan dari cerita perang dengan tampilan ketangkasan dan juga kekebalan serhadap senjata tajam. Pemenang dalam tarian ini membawa ulu tau atau pemenggalan kepala lawan. Baca Tari tradisional Patuddu Sulawesi barat.

Tari Ma'budu ini dimainkan oleh 10 orang dengan busana kebesaran yaitu BEI dengan hiasan ukir yang terbuat dari kerang kecil. Pada bagian kepala penari menggunakan topi dan tanduk palo-palo. Sedangkan pada bagian pergelangan tangan menggunakan Potto balussu. Properti tari ini senjata tombak.

Semoga  bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel