Tarian Sakral Sulawesi Barat Toerang Batu

Tarian Sakral Sulawesi Barat Toerang Batu - Selain tari Patuddu di daerah Sulawesi Barat terdapat beberapa tari tradisional khas daerah setempat yang masih berkembang hingga sekarang dengan berbagai ragam serta bentuk. Tari Tradisional Sulawesi Barat antara lain : 

- Tari Patuddu
- Tari Toerang Batu
- Tari Bamba Manurung
- Tari Bulu Londong
- Tari Ma' Bundu

Tari Toerang Batu tarian yang dulunya digunakan sebagai pengantar prajurit kerajaan Binuang ketika akan berperang. Tari ini adalah tari asli yang berasal dari Sulawesi Barat. Tari ini juga disebut tari perang.

Tarian ini pada jaman dulu menjelang tari ditampilkan lebih dulu melakukan upacara persembahan sesaji telur ayam dan nasi empat warna. Pasukan yang selalu diiringi dengan tarian Binuang pada abad ke 15 selalu sukses dalam pertempuran. 


Gerakan tari Binuang memiliki simbol tersendiri penerus dari tari Toerang batu. Senjata yang digunakan dalam peperangan adalah tombak, keris pusaka dan juga pedang yang merupakan simbol kejantanan pasukan kerajaan Binuang.  

Ritual yang dilakukan sebelum tarian digelar terlebih dulu melakukan ritual dengan sesajen yang berupa telur ayam dan nasi ketan empat warna. Sedangkan pasukan yang berangkat berperang terlebih dulu dilakukan tahapan pengujian. 

Bentuk ujian pasukan adalah cara melompati telur yang diletakan diatas sebongkah batu dan kemudian pasukan yang lolos yang melompati batu dan telur setinggi lebih dari satu meter yang dinyatakan menjadi pasukan. Baca juga Tari tradisional Patuddu Sulawesi Barat.

Demikian Keunikan tarian sakral Toerang Batu, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel