Ragam Corak Batik Dan Proses Pembuatan Seni Kriya Batik

Ragam Corak Batik Dan Proses Pembuatan Seni Kriya Batik - Seni batik telah ada sejak zaman dulu dan kemunculanya juga tidak diketahui kapan batik tersebut mulai ada. Kerajinan batik telah dikenal sejak lama di Nusantara.

Cara pembuatan batik melalui beberapa tahapan, misalnya dengan menambahkan lapisan malam dan pewarnaan serta tahap nglorod atau penghilangan malam. Kesenian batik ini selain di Jawa juga di Sulawesi, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Perkembangan batik yang telah mendunia kini hampir disetiap daerah memproduksi batik dengan ciri kedaerahan.

Corak batik juga beraneka ragam. Di Jawa memiliki ciri khas tersendiri yaitu batik bergaya naturalis dan warna yang beragam pula. Sedangkan batik pesisir dengan corak adanya pengaruh asing. 

Selain itu daerah Pekalongan juga terkenal dengan batik pesisiran. Batik yang bercorak pesisiran antara lain Tuban, Madura dan Cirebon. Batik yang terdapat di daerah tersebut biasanya dengan warna kontras, cokelat, merah, kuning dan putih.

Ragam Corak Batik Dan Proses Pembuatan Seni Kriya Batik

Batik Pesisir berbeda dengan warna batik yang terdapat di Solo dan Yogyakarta yang menggunakan warna redup, biru, hitam dan hijau. Berikut ini adalah bahan yang digunakan untuk membatik antara lain sebagai berikut. Baca Makna Filosofis Motif Kawung Batik Jawa.

Kain Polos atau kain mori, prima, blaco dan baju kaos. Kain tersebut bahan yang akan diberi motif. 

Malam adalah bahan yang digunakan untuk membuat motif dan masuknya warna ke serta kain atau benang.

Bahan Pewarna adalah bahan yang digunakan untuk mewarnai dan digunakan untuk pewarna alami seperti tumbuhan dan pewarna naphtol dan garam diasol.

Canting dan Kuas digunakan untuk menorehkan lilin pada kain.

Kuas Untuk nemboki berfungsi untuk menutup malam pada permukaan kain yang lebar.

Batik tulis adalah teknik membatik yang banyak diterapkan di Indonesia dan hanya beberapa daerah saja yang menggunakan teknik ini. Proses pembuatan batik kini dengan menggunakan teknik celup, teknik lukis, cap dan teknik printing.

Bati Celup Ikat adalah batik dibuat tidak menggunakan malam tetapi menggunakan tali agar warna tidak masuk ke serat kain, dan inilah yang disebut dengan batik ikat dan jumputan.

Batik Tulis dibuat menggunakan malam serta canting dan motif yang telah digambar pada kain.

Batik cap
Cara membuatnya dengan menggunakan alat cap atau stempel yang telah terpola. Stempel yang dicelupkan ke dalam lilin panas kemudian ditekan dan dicapkan pada kain.

Batik Lukis
Adalah cara membatik dengan cara melukis dan para seniman batik bebas untuk menggunakan efek tertentu. Amri Yahya adalah seniman batik lukis yang terkenal di Indonesia. 

Batik Modern
Cara pembuatanya bebas dan tidak terikat oleh aturan teknik seperti motif dan warna, sehingga tidak ada motif, komposisi serta warna dan pewarnaan yang sama disetiap produknya.

Batik Printing
Cara pembuatan batik ini dengan teknik sablon atau screen printing. Proses pembuatanya dengan menggunakan alat rakel untuk meletakan larutan naphtol ke atas permukaan kain.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel