Ragam Motif Seni Ukir khas Kalimantan

Ragam Motif Seni Ukir khas Kalimantan - Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang terdapat di negara Indonesia. Keanekaragaman seni di Kalimantan yang terkenal adalah seni pahat. Pola dasar yang dirangkai terbentuk menjadi motif ukiran yang memiliki arti. 

Motif seni ukiran di Pulau kalimantan yang beragam terbentuk karena keberadaan suku yang terdapat di Pulau ini. Sebelum memahami banyak motif ukiran perlu diketahui Apa yang dimaksud seni Ukir.

Apa itu Seni Ukir? Seni ukir adalah membentuk atau menggambar di papan bidang kayu, bambu, tempurung, batu logam dan lainya. Pada umumnya bahan yang terbuat dari kayu sangat identik dengan seni ukir. Selain itu Pulau kalimantan adalah penghasil kayu terbesar. 

  • Motif Ukiran Kalimantan Timur (Dayak)
Ukiran di Kalimantan timur adalah penghasil kayu ulin. Kayu ulin adalah kayu yang sangat keras. Hasil ukiran berbahan kayu ulin ini adalah perabot rumah tangga. Sedangkan Motif ukiran pada kayu ini menggunakan motif ukir khas Dayak. 

Motif ukiran suku Dayak bercorak tumbuhan, satwa, dan juga simbol kepercayaan di daerah mereka. Motif ukiran yang di gunakan untuk alat rumah tangga sebagian besar bermotif tumbuhan dan hewan.
Ukiran kalimantan tersebut khas, misalnya ukiran bentuk tumbuhan dengan jenis nama yang sama akan berbeda dengan ukiran motif tumbuhan antara pulau Jawa dan Jepara. 

Ragam Motif Seni Ukir khas Kalimantan

  • Motif Ukir Kalimantan Tengah
Ukiran motif Kalimantan tengah ini terdapat ciri khas tersendiri antara seni pahat dengan daerah lain. Seni pahat melambangkan kekayaan budaya di kalimantan tengah. Ukiran khas tersebut salah satunya adalah talawang semacam perisai yang digunakan untuk menakuti musuh ketika berperang. 

Ukiran Kalimantan kini berkembang dan berubah fungsi menjadi pajangan atau hiasan dinding dan juga sebuah motif penghias di rumah.

Demikian ulasan seputar Ragam Motif Seni Ukir khas Kalimantan. Dapatkan ulasan karya seni budaya daerah yang terdapat di daerah Jepara juga seni budaya tradisional maupun modern yang berkembang di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel