Ragam Tari Tradisional Kalimantan Tengah

Ragam Tari Tradisional Kalimantan Tengah - Tari Tradisional Kalimantan Tengah terdiri dari berbagai macam jenis tari dengan keunikanya masing- masing mulai dari gerakan serta fungsinya. Gerakan tarian tradisional Kalimantan sebagian besar bermakna dan mengandung mistis. Tarian Tradisional Kalimantan Tengah antara lain :

  • Tari Putri Malawen
Tari Putri Malawen adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah yang tumbuh dan berkembang di daerah Barito. Tarian ini berdasarkan sejarahnya digunakan untuk acara besar kerajaan. Tarian ini juga ditampilkan oleh para perempuan yang terdapat disekitar danau Malawen Barito. 

  • Tari Hugo Dan Huda 
Tari tradisional Kalteng dan merupakan salah satu tarian ritual untuk meminta hujan ke bumi. Tari ini biasanya dilakukan ketika musim kemarau yang cukup lama. 

Ragam Tari Tradisional Kalimantan Tengah
    • Tari Manganjan
    Tari Manganjan adalah tarian tradisional Suku Dayak Kalimantan Tengah. Tari ini dilakukan oleh pria dan wanita suku Dayak. Tari ini adalah salah satu tari ritual, misalnya upacara tiwah dan upacara ritual lainya. Upacar tiwah adalah upacara ritual yang digunakan untuk mengantarkan roh para leluhur atau sanak saudara yang meninggal dengan memindahkan jasad ke liang kubur dengan menyucikanya. 

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel