Seni Pahat Patung Hingga Ornamen Sumba Nusa Tenggara Timur

Seni Pahat Patung Hingga Ornamen Nusa Tenggara Timur - Karya seni yang terdapat di Sumba Nusa Tenggara Timur adalah sebuah ungkapan terhadap semangat religius yang berbentuk ornamen, relief dan lukisan.

Patung - patung atau arca tersebut terbuat dari batu dan kayu serta logam sebagai simbol atau untuk menggambarkan leluhur dan arwah nenek moyang. Patung yang terbuat dari batu atau monolith dan batu pipih serta papan batu atau slab.

Patung - patung yang terbuat dari logam dengan berlapis emas tersebut dengan bentuk variatif, misalnya duduk, berdiri, bersimpuh dan jongkok. Di Sumba Barat patung tersebut dibuat dengan keadaan telanjang bulat dan perhiasan dada seperti di Wanukaka. Gaya patung di Sumba Barat ekspresif pada bagian - bagian kepala, mulut, wajah, mata dan alat kelamin dengan pahatan yang cukup massif.

Seni Pahat Patung Hingga Ornamen Sumba Nusa Tenggara Timur

Selain dengan perhiasan dan bentuk telanjang bulat patung - patung tersebut diberi tudung kepala di Sumba timur Parai Liu dan di Sumba Timur patung dilengkapi dengan busana lengkap dan klewang. Gaya Patung di Sumba Timur lebih eksotis yang terbuat dari batu pipih. 

Relief 

Relief terbuat dari batu ini digunakan sebagai batu penutup kubur atau batu nisan yang berupa wajah, kepala, dan tubuh serta bentuk variatif seperti duduk diatas kuda atau kerbau, sikap berdiri, jongkok.

Ornamen
Ornamen Sumba digunakan terutama pada nisan dan batu kubur dan pada tiang atau sokoguru serta mahkota dan sisir yang terbuat dari kulit penyu atau tanduk kerbau dan terdapat di Sumba Timur. 

Selain itu juga terdapat Ornamen sulam, tenun dan Anyaman. Ornamen tenun ini pada kain sarung dan ornamen anyaman tas tempat sirih atau kaleku. Sedangkan ornamen dari tanah liat terdapat pada tempayan, bibir periuk dan pasu.

Ornamen yang tertua berbentuk garis simetris atau lengkung dan meander dan stilisasi lidah, titik membentuk lingkaran, spiral dan pilin ganda. Hingga kini ornamen tersebut masih di hayati di Sumba.

Perkembangan ornamen ini juga ditemukan dalam bentuk formal dan seni dekoratif dengan diperkaya dengan motif alat perhiasan yang disebut mamuli sebuah ciri khas ornamen Sumba dan mamuli adalah perhiasan tradisional yang berharga di seluruh Sumba.

Demikian keunikan Seni Pahat Patung Hingga Ornamen Sumba Nusa Tenggara Timur. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah tradisional dan seni modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel