Tari Gendang Beleq Kesenian Khas Pulau Lombok

Tari Gendang Kesenian Khas Pulau Lombok - Kesenian dari kedua pulau antara Bali dan Lombok memiliki kesenian yang hampir mirip. Adapun kesenian yang terdapat di Pulau Bali terdapat tari Adi Merdangge di daerah masyarakat Suku Sasak terdapat juga kesenian Gendang Beleq. Bagaimana kesenian tersebut silahkan simak berikut.

Gendang beleq merupakan kesenian yang telah mengakar di Suku Sasak telah sejak lama dan merupakan peninggalan kerajaan Selaparang Lombok yang ketika itu telah menguasai sebagian wilayah pulau Lombok bagian timur ketika itu pada zaman anak agung. Gendang yang berukuran besar disebut dalam bahasa sasak 'Beleq'.

Gendang Beleq masuk ke Pulau Lombok digunakan oleh para tokoh agama untuk menyebarkan agama islam daerah tersebut dan kesenian dimainkan untuk mengumpulkan warga dan diberikan ceramah dan kegiatan keagamaan lainya.

Tari Gendang Beleq Kesenian Khas Pulau Lombok

Pertunjukan tarian asal pulau Lombok dibutuhkan kekompakan dalam memainkan kesenian ini dan harus dimainkan secara utuh. Cara memainkan tari cemperang dengan memainkan dua buah alat berbentuk lingkaran dan dipukul satu sama lain yang menggambarkan bagaimana cara seorang prajurit pada saat membawa keris dan pedang di medan perang. Baca Tari tradisional Rudat khas pulau Lombok.

Tradisi memainkan gendang Beleq hingga sekarang masih tetap eksis dan ditampilkan dalam berbagai event dengan skala nasional dan juga menyambut tamu undangan.

Demikian ulasan seputar seni Tari Gendang Beleq Kesenian Khas Pulau Lombok.Dapatkan juga ulasan seputar kesenian daerah lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari pulau Lombok dengan mengakses Senibudayasia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel