Tari Rudat Tarian Tradisional Khas Lombok Nusa Tenggara Barat

Tari Rudat Tarian Tradisional Khas Lombok Nusa Tenggara Barat - Tari Rudat ini bernuansa Islami dari segi kostum atau pertunjukanya. Tari rudat adalah tarian tradisional pulau Lombok yang ditampilkan untuk keperluan berbagai keperluan seperti khitanan, Maulid nabi, Khatam Al-Quran dan juga peringatan Isra Mi'raj serta peringatan hari besar islam lainya.

Tarian ini telah ada sejak jaman dulu sejak masuknya agama islam tetapi dari berbagai sumber tari ini adalah tari yang berasal dari Turki dan secara pasti belum diketahui. Tarian ini digunakan untuk penyebaran agama Islam dan ada pula yang beranggapan kalau tari tersebut perkembangan dari dzikir Saman serta budrah. 

Gerakan tari Dzikir Saman adalah gerakan pencak silat yang disertai dzikir dan budrah adalah sebuah nyanyian dengan diiringi seperangkat musik rebana berukuran besar.

Tari Rudat Tarian Tradisional Khas Lombok Nusa Tenggara Barat

Kostum tari Rudat seperti kostum prajurit yang terdiri dari baju lengan panjang dan celana panjang serta songket lombok dan juga kopiah karbus. Atribut lainya adalah ikat pinggang, pangkat prajurit dan kain selempang. Sedangkan pemimpin tari menggunakan kostum berbeda mulai dari warna baju, kopian dan juga membawa pedang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel