Tari Gong Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur

Tari Gong Suku Dayak Kenyah Kalimantan Timur - Tari Gong adalah salah satu tarian dari sekian banyak tari tradisional Kalimantan Timur. Tari ini menggunakan properti gong sebagai media menari. Pertunjukan tari ini adalah dimainkan oleh seorang penari yang menari diatas gong sambil berdiri. Tari ini juga disebut dengan tari Kancet Ledo oleh suku Dayak.

Tari gong menggambarkan gerakan tari yang lembut dengan gerakan tangan yang sederhana dan tidak banyak terdapat pola gerakan dan bahkan banyak gerakan yang diulang - ulang. Selain gerakan tangan juga gerakan kaki dan gerakan tubuh ketika melangkah dan berpijak di gong yang merupakan properti tari. Keistimewaan dari tari ini adalah kelenturan dan keseimbangan.


Busana tari menggunakan busana tari adat suku dayak Kenyah Kalimantan Timur. Busana tersebut berupa corak khas Dayak dan manik berwarna cerah yang dilengkapi dengan Taah atau pakaian khas wanita Dayak yang dililitkan di pinggang. Pada bagian kepala penari menggunakan lavung yang berupa topi dari rotan dengan hiasan. Hiasan lainya adalah kalung dan terbuat dari gigi dan taring macan. 

Pada saat menari terselip ditangan penari rangkaian bulu ekor dari burung enggang. Tari ini lebih lembut dan sederhana dibanding dengan tari enggang. Iringan tari ini menggunakan alat musik sapeq atau kecapi dengan sajian tempo lambat.

Fungsi tari ini ditampilkan dalam upacara adat dan penyambutan tamu serta festival budaya. Hingga sekarang Pertunjukan tari ini banyak dikreasi mulai dari busana dan gerakan tari.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel