Tari Jai Suku Ngada Flores Nusa Tenggara Timur

Tari Ja'i Suku Ngada Flores Nusa Tenggara Timur - Tari Ja'i adalah tarian Tradisional masyarakat Ngada flores NTT dan merupakan tarian yang terkenal di Flores sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat Ngada. Tari ini juga ditampilkan adalah berbagai upacara adat dan menyambut tamu kehormatan.
Berdasarkan sejarahnya tarian ini ditampilkan dalam upacara ritual Sa'o Ngaza dan dilakukan secara masal oleh masyarakat suku Ngada dan memiliki nilai kehidupan penting. Semakin banyak penari masal maka tarian ini semakin hikmat. Tari Ja'i ini juga sebagai simbol semangat kebersamaan.

Tari Ja'i ini dilakukan oleh penari pria dan wanita secara masal. Pertunjukan tari Ja'i ditampilkan dengan gerakan khas tari Ja'i dengan irama dan musik pengiring. Gerakan tari ini juga sederhana dan dilakukan secara berulang dan bersama sehingga tarian ini menyenangkan.

Tari Ja'i Suku Ngada Flores Nusa Tenggara Timur

Iringan tari ini dengan menggunakan alat musik iringan gong dan gendang yang menurut masyarakat setempat di sebut dengan Laba Go. Laba go terdiri dari wela - wela, dhera, uto - uto, meru dan laba. Irama yang dihasilkan musik ja'i sesuai dengan gerakan tari. 

Busana tari Ja'i ini dalam pertunjukanya dengan pakaian adat khas lengkap. Bagi para pria menggunakan pakaian mara ngia, boku, lu'e, keru, lega jara, dhegho, dan sau. Sedangkan untuk busana wanita menggunakan, lawo, lua manu, mara ngia, dhegho, kasa sese, lega jara, keru dan butu. 

Berdasarkan perkembangan tari Ja'i ini kini mulai ditampilkan untuk upacara tertentu saja dan dalam berbagai acara budaya nasional atau daerah dan internasional.

Demikian ulasan seputar kesenian Tari Jai Suku Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Dapatkan juga keunikan makna kesenian yang terdapat didaerah Indonesia dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel