Tari Mahambak Bantik Tarian Adat Suku Bantik Sulawesi Utara

Tari Mahambak Bantik Tarian Adat Suku Bantik Sulawesi Utara - Tari Tradisional Mahambak ini berasal dari Suku Bantik Sulawesi Utara. Tarian ini ditampilkan dengan gerakan khas dan tergolong tari masal pria dan wanita. Tari ini terkenal di Sulawesi Utara dan ditampilkan untuk Upacara adat, perayaan, penyambutan dan juga panen raya, atau acara budaya.

Tarian ini menggambarkan kegembiraan masyarakat Bantik. Mahambak oleh masyarakat Bantik berarti Bergembira. Nilai tari ini persatuan dan kesatuan yang tercermin melalui gerakan serta syair untuk mengiringi tari. 

Berdasarkan sejarahnya tari Mahambak pada jaman dahulu suku Bantik terpencar ke berbagai daerah seperti daerah Molas, Malalayang, Ongkau dan Boyong. Pertemuan Suku menjadi berharga karena sulitnya komunikasi, sehingga untuk merayakan pertemuan mereka lakukan dengan menari Tari Mahambak. 

Tari Mahambak Bantik Tarian Adat Suku Bantik Sulawesi Utara

Pertunjukan tari Bantik ini terdiri dari 10 orang pasang penari dan dipimpin seorang penari wanita yang disebut Kapel. Atribut penari ini dengan menggunakan sapu tangan.

Awal pertunjukan tari ini diawali dengan penari berbaris dan berpasangan dipimpin oleh Kapel. Sambil menyanyikan lagu mereka menari berpasangan dan membentuk barisan setelah memasuki arena pertunjukan. Formasi tari ini juga membentuk melingkar dan keluar dengan gerakan sama seperti saat memasuki arena pertunjukan. 

Terdiri dari dua jenis tari Mahambak, yaitu tari Mahambak Tradisional yang didominasi gerakan kaki dan iringan alat musik tambur. Sedangkan Tari Mahambak Imbasan gerakan bervariasi dan nyanyian lebih banyak serta juga menggunakan iringan tambur. Baca Tari Maengket Sulawesi Utara.

Lagu yang dinyanyikan untuk iringan tari ini adalah lagu adat masyarakat Suku Bantik, seperti lagu Kayu dondo dan Mahambak bantik yang bertemakan persatuan.

syair dari Mahambak Bantik karya G Kiroh :

" Matungkobey kite bantik ingkasa kata ada Bantik suin sau taya ma bata .Dandi suka nayang – anyang ingkasa kata  Ada Bantik suin sau tayamabata ,Matungkobey kite Bantik ingka sa kata , Botete kite maya botete kite maya suin Kabantikan Kite maya suin sau age nu intuhuan " . 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel