Tarian Suku Dayak Papatai Tari Akrobatik Kalimantan Timur

Tarian Suku Dayak Papatai Tari Akrobatik Kalimantan Timur - Tari Papatai ini dari segi pertunjukan sama dengan tari perang Dayak yang terdapat di daerah Kalimantan Timur.

Sebagian besar dari karya seni tari suku Dayak memuat cerita peperangan, tetapi pada tari Papatai ini memiliki ciri tersendiri yang didalamnya memuat seni teatrikal dan seni tari. Dalam masyarakat suku Dayak tarian tersebut biasa disebut Kancet Papatay. 

Gerakan tari Papatai ini lincah, gesit dan akrobatik yang menampilkan gerakan peperangan dengan perpaduan seni tari yang indah. urutan sajian dari tari ini diawali dengan gerakan teatrikal dan teriakan memprovokasi yang dilanjutkan gerakan saling serang dari kedua penari.

Tarian Suku Dayak Papatai Tari Akrobatik Kalimantan Timur

Tidak seluruh gerakan tari Papatai menyajikan gerakan tari peperangan, jeda dalam tari peperangan ini penari menampilkan gerakan kuda - kuda dan penari berputar - putar dan siaga bila terdapat serangan musuh. 

Tarian ini ditampilkan oleh penari laki - laki yang dibalut dengan busana adat Dayak yang disebut dengan Sapei Sapaq di Kalimantan Timur. Busana Sapei Sapaq ini berwarna hitam pada bagian atas seperti rompi dan bawah disebut dengan abet kaboq berbentuk cawat. Baca Tari Jepen Kalimantan Timur.

Simbol yang berupa manik - manik yang juga sebagai hiasan dengan warna cerah merupakan sebagai simbol kecintaan terhadap masyarakat Dayak kenyah akan alam serta keharmonisan dan perbedaan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel