Pertunjukan Tari Jepen Tarian Tradisional Mahakam Kalimantan Timur

Pertunjukan Tari Jepen Tarian Tradisional Mahakam Kalimantan Timur - Tari Jepen adalah salah satu dari beberapa tari tradisional yang terdapat di Kalimantan Timur. Tari ini terinspirasi oleh budaya melayu dan Islam. Tari Jepen ini berkembang dipinggiran kali sungai Mahakam. 

Tari ini adalah sebuah ekspresi yang dinamis, energik, atraktif dan energik serta bersahaja. Tari Jepen adalah sebuah tari yang mempresentasikan kebudayaan melayu. 

Tarian ini sangat kental dengan kebudayaan melayu dan sama halnya dengan tari Zapin, Tari Dana dan juga bedana tarian khas Indonesia yang berasal dari Melayu. Busana tari ini dibuat lebih minimalis. Terdiri dari dua jenis Tari jepen, yaitu tari Jepen eroh dan Tari Jepen genjoh Mahakam.

Pertunjukan Tari Jepen Tarian Tradisional Mahakam Kalimantan Timur

Tari Jepen eroh ini dalam bahasa Kutai adalah ramai atau bergembira. Tarian ini meninggalkan gerakan aslinya seperti ragam gelombang, ragam penghormatan, ragam samba penuh, ragam samba setangan, ragam anak dan juga ragam gengsot. 

Tari Jepen Genjoh Mahakam ini merupakan salah satu jenis tari kreasi dengan gerakan asli dari Tari Jepen. Gerakan tersebut adalah antara lain gerakan samba setengah, gerakan samba penuh, gerakan gelombang, jalan kenyak, geraka taktim dan seluang mudik. 

Dalam pertunjukan tarinya tarian ini dilengkapi dengan selendang untuk properti serta tata rias minimalis dan terlihat lebih bersahaja. Iringan yang digunakan untuk tarian ini adalah musik tingkilan. Baca Tari tradisional Enggang Suku Dayak Kalimantan timur.

Musik tingkilan ini adalah salah satu seni musik khas kutai. Alat musik yang digunakan sebagai iringan tari ini adalah gambus, ketipung, kendang dan juga biola. Nyanyian yang digunakan dalam tari ini adalah bertingkilan yang berarti bersahutan. Nyanyian tersebut berisi syair dan petuah serta pesan moral.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel