Kesenian Tari Maena Dan Folau Hiwo Pulau Nias Kota Padang

Kesenian Tari Maena Dan Folau Hiwo  Pulau Nias Kota Padang - Maena adalah seni tradisi yang berada di Nias kota Padang. Kesenian ini berasal dari Pulau Nias yang berupa pertunjukan tari tradisional yang diiringi oleh nyanyian yang juga dinyanyikan oleh penari. Penari Seni Maena penarinya adalah pria dan wanita yang mencerminkan kegembiraan melalui gerakan tari.

Pada jaman dulu tari ini ditampilkan dalam pesta perkawinan pada saat mempelai pria datang ke tempat mempelai wanita. Pemain tari maena memainkan tarian yang memuja muji mempelai wanita dan keluarganya yang kemudian dimainkan bergantian oleh mempelai wanita memuja dan memuji mempelai pria dan keluarganya.

Syair yang dinyanyikan berisi puji - pujian terhadap penghulu yang diangkat. Sedangkan pada jaman dahulu kesenian ini biasanya disertai dengan kesenian Folau Hiwo atau seni hiburan atau Mamaheu Omo atau kesenian dalam meruntuhkan rumah.

Kesenian Tari Maena Dan Folau Hiwo  Pulau Nias Kota Padang -art

Seiring perkembanganya tari Maena kini dengan gerakan bebas atau penari menciptakan gerakan sendiri atau syair lagunya yang dapat dimainkan oleh kelompok pria atau wanita saja. Syair yang dinyanyikan disesuaikan dengan acara, misalnya acara perkawinan syairnya berisi memuja dan memuji mempelai, sedangkan untuk acara kerohanian syair yang dibawakan adalah tentang kerohanian dan sebagainya. Kesenian Maena ini hingga sekarang jarang dilakukan.

Folau Hiwo (Hiburan)


Adalah sebuah pertunjukan karya seni yang dilaksanakan dalam upacara perkawinan atau acara pernikahan. Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang laki - laki saling berpegangan tangan dan membuat formasi gerakan ular.

Gerakan tersebut tidak melingkar melainkan gerakan seperti ular dan mengelilingi rumah yang digunakan sebagai tempat pesta dilaksanakan. Selain bergerak mereka juga menyanyi dan bercerita baik sebuah pernikahan juga pujian dari masing keluarga dan mempelai.

Apabila gerakan tidak mengelilingi rumah maka gerakanya cukup di halaman saja, akan tetapi kegiatan ini sudah jarang dilakukan karena tidak ada yang mengajarkan. Kesenian Hiwo ini adalah sebuah sumber garapan seperti yang terdapat pada tari Balanse Madam seperti pada pola lantai lingkaran yang terdapat pada tari Balanse madam. Selain itu juga gerakan pegangan tangan dan kedua unsur seni tersebut sama ditampilkan dalam acara pernikahan atau pesta perkawinan.

Demikian ulasan  Kesenian Tari Maena Dan Folau Hiwo Pulau Nias Kota Padang. Dapatkan ulasan jenis kesenian lain yang berasal dari kota Padang dan ulasan seni budaya tradisional dan modern juga nilai - nilai yang terkandung baik seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel