Asal - Usul Tari Balanse Madam Manifestasi Suku Nias Kota Padang

Asal - Usul Tari Balanse Madam Manifestasi Suku Nias Kota Padang - Tari Balanse Madam tarian tradisional yang merupakan warisan budaya di Suku Nias Kota Padang. Tarian ini terwariskan secara turun temurun sebagai seni tari tradisi Suku Nias. 

Tari Balanse Madam dan musik Gamad tidak terlepas dari Pengaruh bangsa Portugis di abad enam belas yang singgah di kota Padang. Menurut Nosafirman (1998 : 2) seabad sebelum tanggal 7 Agustus 1669 Padang terletak dipinggiran pantai Sumatera bagian Barat yang berupa perkampungan tradisional.

Portugis ketika itu sebagai pedagang dan banyak mempunyai pekerja yang berasal dari pulau Nias sebagai buruh dipelabuhan bangsa Portugis. Para pekerja tersebut di bawa oleh para pedagang China yang datang ke Sumatera barat ketika itu. 

Berkaitan dengan Tari Balanese Madam adalah sebuah karya seni yang lahir melalui akulturasi seni sosial dan budaya dari kedua suku bangsa tersebut. Tarian yang sejenis pergaulan yang diperkenalkan oleh bangsa portugis kepada orang Nias berupa tarian adalah tarian dansa.

Asal - Usul Tari Balanse Madam Manifestasi Suku Nias Kota Padang-art 
    Tarian bangsa Portugis yang dikenalkan kepada orang Nias hingga akhirnya orang Nias mengembangkan dan mempelajari melalui suatu proses dan adopsi dengan proses transformasi Imajiner. 

    Transformasi imajiner yang dilakukan oleh para seniman Nias tersebut dengan melalui pengembangan pola gerak tari pergaulan seperti pola gerak dansa Portugis dengan desain tari berpasangan dan pola lantai yang melingkar. 

    Pola gerak- gerak yang dipelajari oleh orang Nias akhirnya dibawa oleh orang Nias ke kampung halaman seperti Maeno dan Hiwo yang dikombinasikan dengan gerakan tari Melayu.

    Setelah itu akhirnya tari Balanse diperkenalkan dari satu suku ke suku yang lain dan dari marga satu ke marga yang lain melalui peristiwa adat. Tarian pertama belum tersaji secara sempurna karena bersifat spontan yang disebabkan dari masing - masing suku memiliki gaya menarikan tersendiri, sehingga diambil kesepakatan bahwa tari Balenese tari tradisional Masyarakat Nias. 

    Tari Balanse sangat dekat dengan komunitasnya, Balanse berarti harmonis dan madam adalah istilah dalam tari balanse yang berarti nyonya. Tari balanse adalah sebuah manifestasi masyarakat Suku Nias. 

    Tari Balanse Madam ditampilkan dalam pertunjukan pesta perkawinan, pengangkatan penghulu atau tetua adat dan juga acara adat lainya. Sedangkan musik tari Balanse madam adalah set drum dan simbal, sedangkan musik pengiringnya adalah akordion, biola dan alat tiup. 

    Pertunjukan tari Balanse madam secara keseluruhan diiringi dengan orkes musik Gamad sebuah bentuk kesenian musik yang dimiliki oleh suku Nias. Baca Tari Tradisional Suku Nias.

    Waktu pementasan tari Balanse Madam ini dapat dilakukan malam atau siang hari dan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga dapat ditampilkan ditempat terbuka atau tertutup. Tarian ini dilakukan oleh orang yang berkeluarga seorang suami atau seorang istri. Jadi, tari balanse madam bukanlah tarian yang dapat dilakukan oleh semua orang. 

    Pertunjukan tari Balanse madam diawali dengan penghormatan dengan gerak pencak dan lincah oleh penari laki - laki kepada tetua adat tetapi sebelumnya para penari pria meminta izin kepada istri serta tetua adat untuk menari  dengan penari wanita yang merupakan istri orang lain. Setelah mendapat izin tarian Balanse dimulai. 

    Keunikan dan etika dalam menari ini tidak diperbolehkan penari pria menyentuh tangan atau telapak tangan penari wanita secara langsung dan sebagai gantinya telapak tangan wanita dilapisi dengan sapu tangan.

    Demikian ulasan seputar Asal - Usul Tari Balanse Madam Manifestasi Suku Nias Kota Padang. Dapatkan pula ulasan jenis seni daerah lainya yang berasal dari Padang Sumatera barat juga ulasan seni budaya tradisional maupun modern baik yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara dengan berbagai nilai yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel