Ragam Kain Tenun Songket Khas Palembang

Ragam Kain Tenun Songket Khas Palembang - Selain kerajinan seni ukir, Palembang juga dikenal sebagai penghasil tenun siwet atau Songket yang merupakan kerajinan khas masyarakat Palembang dan pada umumnya hasil industri rumah tangga yang dikerjakan oleh pria dan wanita. 

Songket merupakan kerajinan berupa kain yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan untuk hiasan dengan menyisipkan benang perak dan emas atau benang warna diatas benang lungsin. 

Motif tenun tersebut antara lain : jando beraes, lepus, bunga inten, pulir baru, tretes mindar, kembang suku hijau, bunga pacik, bungo cino dan sebagainya. 

Berdasarkan cara pembuatanya tenun songket Palembang dibagi menjadi dua tahap, yaitu : Tahap menenun kain dasar dengan konstruksi tenunan rata atau polos dan tahap menenun bagian ragam hias sebagai tambahan dari benang pakan. 

Ragam Kain Tenun Songket Khas Palembang

  • Baca 
Kain tenun tersebut dipakai oleh para wanita untuk keperluan upacara perkawinan dan acara adat. Songket Palembang ini menunjukan status sosial pemakainya. 

Kain tenun Songket Palembang yang terkenal berupa kain atau selendang terbuat dari benang sutra serta kombinasi benang emas. Pembuatan kain tenun yang cermat adalah keistimewaan dari tenun songket Palembang yang membutuhkan waktu bulanan, misalnya untuk satu kain membutuhkan waktu sekitar tiga hingga enam bulan. Sedangkan desain berbeda antara pengrajin satu dengan lainya. 

Benang untuk membuat kain songket ini didatangkan dari negara Cina dan Singapura. Warna yang dihasilkanya juga cerah dengan berbagai motif, beberapa motif tersebut antara lain: kembang bunga pacae Cina dan motif Jantung

  • Kain Tenun Jumputan
adalah kain yang terbuat dari sutera pada zaman dulu digunakan para wanita pada saat upacara adat Palembang. Ciri kain Jumputan Palembang ini berwarna mencolok, merah, hijau dan kuning. 

  • Kain Blongsong
Kain ini terbuat dari sutera atau katun biasanya dipakai ibu muda dan wanita dewasa. Kain ini digunakan untuk upacara adat setempat seperti : tunangan, pesta perkawinan, cukuran serta penyambut tamu. 

  • Kain Tajung 
Kain ini dipakai oleh para pria dewasa untuk keindahan  dan dapat digunakan dengan stelan jas serta pakaian teluk belanga. Selain itu kain ini juga dapat digunakan untuk pesta adat dan acara resmi. Kain ini terbuat dari kain sutera dan bermotif warna menarik. Motif kain ini yang paling terkenal adalah limar.

Demikian ulasan seputar seni Ragam Kain Tenun Songket Khas Palembang. Dapatkan ulasan artikel lainya seputar seni kerajinan daerah yang berasal dari Palembang dan ragam karya seni budaya daerah yang berasal dari berbagai daerah Indonesia juga ulasan seputar seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel