Tari Cokek Betawi Tarian Daerah Khas Betawi DkI Jakarta

Tari Cokek Betawi Tarian Daerah Khas Betawi DkI Jakarta - Tari Cokek adalah tarian tradisional yang berasal dari Betawi dengan gerakan khas maju mundur dengan iringan gambang kromong. Tarian Cokek juga sering dijumpai untuk berbagai keperluan hiburan. 

Tari Cokek ini diperkirakan kebudayaan berasal dari Tiongkok yang dikenal sejak lama yang diperkenalkan oleh pedagang daratan Cina Tan Sio Kek pada masa lalu. 

Tarian ini dilakukan oleh para wanita yang berada di pesisir daerah Teluk Naga yang ketika itu berinteraksi dengan para pedagang. Tari ini perlahan menyebar ke berbagai wilayah Banten dan Betawi. Tarian tersebut kemudian dirubah oleh masyarakat Banten dan Betawi mulai dari gerak dan properti tari. Baca Tari Lenggang Nyai Dasimah Betawi DKI Jakarta.

Tari Cokek Betawi Tarian Daerah Khas Betawi DkI Jakarta
    Tari Cokek ini ditampilkan secara kelompok sejumlah tiga penari. Pada zaman dulu tari ini digunakan untuk keperluan upacara adat dan menyambut tamu undangan. 

    Keunikan tari Cokek ini pada saat penari diajak untuk menari oleh para penari Cokek maupun tamu agung dengan mengalungkan sebuah selendang yang dianggap pantas menari.

    Adat tradisi yang berlaku dalam pertunjukan tari Cokek siapa saja yang menerima selendang diajak untuk menari maka tidak boleh menolak yang membuat jantung berdebar bagi yang menyaksikan pertunjukan tari Cokek. 

    Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah gendang, kempul, seruling, gong dan rebab. ensemble tersebut adalah ansambel gambang kromong.

    Sedangkan busana tari Cokek menggunakan pakaian berwarna menyala berupa baju kurung dengan tambahan celana dan properti selendang untuk mendukung gerak tari Cokek yang merupakan properti tari paling utama.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel