Tari Grebeg Terbang Gede Tarian Daerah Banten

Tari Grebeg Terbang Gede Tarian Daerah Banten - Tari Grebeg Terbang Gede adalah tarian daerah merupakan sebuah tari kreasi dengan berciri kedaerahan. Tarian ini merupakan sebuah pengembangan tarian yang berasal dari kota Serang dengan gerakan khas Pencak Silat khas Banten. Tarian ini juga ditampilkan untuk penyambutan. Baca Tari Kreasi Baru.

Alat musik terbang berukuran besar atau "gede" ini asal dari nama tarian. Tarian ini pada awalnya untuk penyebaran agam Islam dan berkembang untuk upacara ritual adat, seperti ruwatan rumah, syukuran bayi, dan juga hiburan. 

Pertunjukan tari daerah Banten Terbang Gede atau terbang besar biasanya dimainkan oleh para pria lanjut usia yang terdiri dari penabuh terbang, penabuh pengarak, penabuh sela, penabuh koneng, penabuh kempul serta lantunan sholawat nabi dengan bahasa Arab atau Jawa. 

Tari Grebeg Terbang Gede Tarian Daerah Banten

Terbang merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dengan berbentuk bulat melingkar dengan diameter sekitar 40-60 cm serta tinggi 10-15 cm berbentuk seperti rebana. Terbang juga memiliki arti yang variatif. Baca Alat Musik Daerah Banten.

Terbang Gede digunakan untuk saran dakwah, upacara ritual bagi masyarakat yang mempercayai. Fungsi lainya adalah sebagai hiburan oleh masyarakat yang bersifat hajatan. 

Upacara ritual oleh masyarakat setempat tidak diperbolehkan hari jumat "larangan poe dan Kala" merupakan sebuah larangan. Tempat melakukan upacara ritual juga tidak diperbolehkan sembarangan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel