Tari Makyong Pertunjukan Tarian Tradisional Kepulauan Riau

Tari Makyong Pertunjukan Tarian Tradisional Kepulauan Riau - Tari Makyong adalah salah satu tarian Tradisional Melayu dan merupakan tari kerakyatan. Tarian ini selain di daerah Riau juga tersebar di Malaysia pertunjukanya penari menggunakan topeng. Tarian Makyong diperkirakan telah ada seabad yang lalu, sedangkan tari Makyong tertua terdapat di pulau Mantang daerah Riau. 

Makyong tarian ini belum dapat diketahui secara pasti, tetapi diduga berasal dari kata Ma Hiang yang merupakan sebuah bentuk teater dan tokoh yang terdapat dalam lakon Makyong. 

Mengulas sejarah Makyong ini dalam pertunjukanya menceritakan berupa tarian dan cerita rakyat, cerita kerajaan dan juga legenda. Tari Makyong dulu dipentaskan seusai panen padi di daerah pematang sawah. 

Makyong di masa kejayaanya pernah dianggap sebagai seni istana pada tahun 1950-an masa keemasan kesultanan Riau. Pada jaman dulu Makyong terdapat di dua tempat yaitu tanah merah dan Mantang Arang. Tari Makyong Pertunjukan Tarian Tradisional Kepulauan Riau

Tari Makyong Pertunjukan Tarian Tradisional Kepulauan Riau

Selain itu, Makyong digunakan untuk merawat orang sakit, kini Makyong ditampilkan di panggung dan mantra diwariskan melalui individu kepada pewarisnya. 

Tari Makyong ini adalah tari dengan berbagai unsur yang terdapat di dalamnya, antara lain : Agama, Adat Melayu dan Sandiwara. 

Gerakan Tari dalam pertunjukan tari Makyong adalah sebuah gerakan tari sederhana dengan menggambarkan watak pelakon. 

Selain itu terdapat beberapa gerakan dalam pertunjukan Makyong, antara lain :
  • Tegak merendah
  • Bersilang kaki
  • Berputar kaki
  • Berputar di tempat, beringsut setengah lingkaran ke kiri dan kekanan serta bergeser sejajar dengan lingkaran. 

Gerakan Melangkah dikenal

Langkah berjalan, melenggang, Langkah berhenti, Langkah segitiga atau mengubah arah, langkah segi empat, langkah mengejar dan bergegas. 

Jenis tarian dalam teater Makyong, antara lain :

Betabik atau tari pembukaan, tari berjalan jauh atau dekat, tari ragam atau tari gembira dan gerakan tarian perang atau gerak silat. 

Syair Lagu

Lagu - lagu yang dibawakan dengan tari tanpa lirik antara lain : Tabuh,Awang Nak Bejalan, Betabik, Colak Adik Hitam, Selendang Awang, Sedayung Makyong. 

Demikian ulasan Tari Makyong Pertunjukan Tarian Tradisional Kepulauan Riau. Dapatkan ulasan seputar jenis kesenian daerah yang berasal dari Riau dan ulasan berbagai jenis seni budaya tradisional maupun modern serta makna dan nilai yang terkandung juga berbagai ulasan seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel