Tari Pendet Tari Penyambutan Dari Pulau Bali

Tari Pendet Tari Penyambutan Dari Pulau Bali - Tari Pendet adalah tari tradisional Pulau Bali dan merupakan salah satu dari tari tradisional yang digunakan untuk penyambutan tamu besar dan acara budaya lain. Tari Pendet ini dilakukan oleh penari wanita dengan ciri menggunakan properti mangkok berisi berbagai macam bunga. 

Tari Pendet awalnya adalah tarian yang ditampilkan bagian dari upacara Piodalan di Pura tempat suci keluarga dan sebagai penghormatan terhadap para dewata yang turun dari khayangan yang merupakan sebuah kegiatan spiritual masyarakat Bali. 

Tarian ini dirubah oleh seniman Bali bernama I Wayan Rindi dan pencipta tari Ni Ketut Reneng mengubah tarian tersebut menjadi tari selamat datang atau penyambutan dengan empat orang penari. Baca Tari Sanghyang Pulau Bali.
Tari Pendet Tari Penyambutan Dari Pulau Bali

Oleh I Wayan Baratha tari ini disempurnakan lagi dengan menambahkan jumlah penari menjadi lima orang hingga sekarang. Seperti tari Bali lainya tarian ini tetap tidak terlepas dari unsur religius yang menjadi ciri khas masyarakat Bali. 

Fungsi tari Pendet ini terdiri dari dua jenis, yaitu Tari Pendet Sakral yang ditampilkan guna keperluan ritual keagamaan masyarakat Bali.

Sedangkan Tari Pendet Penyambutan ditampilkan sebagai sarana penyambutan yang difokuskan dari segi gerak, busana serta kecantikan penari dengan tidak meninggalkan ciri kedaerahanya. 

Penari Tari Pendet ini ditampilkan oleh penari wanita dan pada akhir pertunjukan penari menaburkan bunga kepada penonton dan para tamu sebagai ungkapan ucapan selamat datang. Iringan yang digunakan pertunjukan tari pendet ini adalah musik gamelan Bali

Gerak tari Pendet sangatlah kompleks mulai dari gerak tangan, tubuh, kaki, jari, leher, mimik muka, leher dan gerak mata yang ekspresif yang memang membutuhkan keluwesan dan kelincahan untuk dapat menarikan tari Pendet. 

Busana Tari Pendet antara lain
  • Tapih
  • Kemben prade 
  • Sabuk stagen 
  • Sabuk prade 
  • Selendang yang dililitkan di badan dan diletakan dipundak penari.

Pada bagian Kepala
Diikat dengan pusung gonjer dan dihias dengan bunga jepun, kamboja dan mawar serta jempaka. 

Aksesoris Penari :
  • Gelang 
  • Kalung 
  • Anting

Tata rias dengan mempertajam garis muka agar terlihat jelas dan memakai subeng.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel