Tari Sampiung Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat

Tari Sampiung Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat - Tari Sampiung adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa barat. Pada zaman dulu tari ini ditampilkan untuk keperluan berbagai upacara penting seperti Pesta panen, Seren Taun, Ngaruat dan Rebo wekasan. Selain itu tarian ini juga dipentaskan pada perayaan ulang tahun kemerdekaan RI. 

Dalam pertunjukanya tari Sampiung ini ini diiringi dengan lagu berjudul sampiung yang merupakan asal mula dari Keberadaan tari Sampiung. Tari Sampiung  juga disebut tari Ngek Ngek dengan waditra alat musik pengiringya alat gesek sejenis rebab yang disebut "Ngek Ngek". Baca Alat Musik Tradisional Jawa Barat.

Tari Sampiung Tarian Tradisional Daerah Jawa Barat

Sedangkan sebagian orang ada juga yang  menyebutnya dengan tari Jentreng berupa alat musik kecapi berukuran kecil. Tarian ini dipentaskan ruangan tertutup, seperti dalam rumah dengan ruangan luas serta bale pendopo. 

Pertunjukan tarian ini penari mengelilingi para penabuh dengan tidak meninggalkan ciri tarian tradisional didepan para pemain pengiring terdapat sesajen serta pedupaan. Sesajen sendiri merupakan bagian dari pertunjukan tari dari sisi lain manusia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel