Tari Sembah / Sembah Sigeh Penguten Tarian Daerah Lampung

Tari Sembah / Sembah Sigeh Penguten Tarian Daerah Lampung - Tari Sembah adalah tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Lampung. Pada zaman dulu tarian ini bernama Sembah dan kini menjadi Tari Sembah Sigeh Penguten. Hal tersebut karena banyaknya tari Sembah.

Tari ini merupakan tari tradisional Lampung yang asli berasal dari suku Pepaduan. Tari Sembah Sigeh Penguten ditampilkan untuk menyambut para raja serta tamu istimewa. Tari Sigeh identik dengan tarian penyambutan.

Pertunjukan tari sembah sigeh penguten menonjolkan ciri budaya adat istiadat lampung melalui busana penari sebagai busana asli daerah lengkap dengan Siger dan Tanggainya, seperti pengantin wanita suku lampung.

Tari Sembah / Sembah Sigeh Penguten Tarian Daerah Lampung

Busana Tari Sigeh Penguten antara lain :
  • Sesapur atau baju kurung warna putih atau baju tidak berangkai pada bagian sisi dan pada bagian bawah hiasan berbentuk koin warna perak atau emas yang tergantung secara berangkai atau rumbai ringgit. Baju ini dipakai atasan para penari.
  • Kain Tapis kain bersulam emas terbuat dari katun tenun tradisional bermotif tumpal atau pucuk rebung atau disebut kain tapis Dewasana atau Dewo Sanaw. Kain ini biasa digunakan para penari saat upacara Begawi dan dipakai baju bawahan penari.
Atribut Penari Sigeh Penguten antara lain:
  • Mahkota Siger Pending yang berupa ikat pinggang terbuat dari uang ringgit Belanda bergambar ratu Wihelmina di bagian atas.
  • Bulu Serti berupa ikat pinggang terbuat dari kain beludru berlapis kain merah. Pada bagian atas ikat pinggang kuningan berbentuk bulat dengan bertahtakan hiasan atau bulatan kecil. Ikat pinggang dikenakan diatas pending. 
  • Mulan Temanggal berupa hiasan kuningan seperti tanduk tanpa motif yang digantungkan dileher sebatas dada. 
  • Dinar adalah mata uang Arab terbuat dari emas yang digantung pada sesapur atau baju kurung tepat diatas bagian perut. 
  • Buah Jukum, Sebuah hiasan berbentuk buah- buahan kecil yang diuntai menjadi bentuk bunga serta benang memanjang dan dipakai melingkar dari bahu ke perut hingga belakang. 
  • Gelang Burung Hiasan Berbentuk sayap terbuat dari kuningan pada bagian atas direkatkan bebe berupa kain halus berlubang. Dan tepat pada bahu gelang burung diikatkan pada lengan kiri dan kanan. 
  • Gelang Kana yang terbuat dari bahan kuningan berukir serta gelang Arab yang dipakai dilengan atas dan bawah. 
  • Tanggai berupa hiasan berbentuk kuku berwarna keemasan terbuat dari kuningan dan dipakai pada jari penari. 
  • Mahkota Siger yang terbuat dari kuningan yang berbentuk seperti tanduk dan ditatah hias dengan titik- titik rangkaian bunga dan terdapat lekuk ruji sejumlah sembilan buah serta terdapat hiasan yang terbuat dari kuningan bunga cemara. Selain itu juga terdapat Hiasan Senja bulan digunakan penari pada bagian puncak siger berupa mahkota kecil dengan lengkungan pada bagian bawah dan beruji tajam pada bagian atas dengan hiasan bunga.
Iringan yang digunakan untuk tari Sembah Penguten menggunakan alat musik khas daerah Lampung. Pertunjukan tari Sembah selain menggunakan kain tapis dan mahkota siger kuku penari juga dirias dengan kuku palsu agar terlihat lentik. Sedangkan pemimpin tari menggunakan properti kotak kecil berisi permen, daun sirih atau roko yang diberikan kepada penari.

Demikian seni Tari Sembah / Sembah Sigeh Penguten Tarian Daerah Lampung. Dapatkan berbagai ulasan seputar karya seni daerah lainya yang berasal dari daerah Lampung dan dapatkan ulasan seputar karya seni budaya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel