Tari Tor Tor Sigale Gale Boneka Kayu Yang Menari Tarian Adat Samosir

Tari Tor Tor Sigale Gale Boneka Kayu Yang Menari Tarian Adat Samosir - Tari Sigale - Gale adalah kesenian yang tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara tepatnya di daerah Samosir. Tari Sigale - gale termasuk tarian unik yang dalam pertunjukanya berupa boneka yang dapat digerakan dan berbentuk manusia yang ditampilkan dalam berbagai upacara adat dan sebagai daya tarik wisatawan. 

Menurut sumber yang ada tari sigale gale telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Boneka yang sebagai pertunjukan tari sigale gale dilatarbelakangi sebuah kisah seorang raja Samosir yang kehilangan anak satu - satunya sehingga raja jatuh sakit karena kesedihan.

Sakit yang diderita raja telah dilakukan dengan berbagai pengobatan ternyata tidak segera mendapatkan penyembuhan. Berbagai cara pengobatan yang dilakukan hingga akhirnya penasehat raja menyarankan untuk membuat patung kayu yang menyerupai wajah anak raja. 

Tari Tor Tor Sigale Gale Boneka Kayu Yang Menari Tarian Adat Samosir,art

Pemanggilan arwah dengan upacara ritual dilaksanakan setelah patung kayu tersebut jadi. Arwah yang dipanggil tersebut adalah arwah anak raja agar merasuk kedalam patung dan akhirnya raja tersebut sembuh setelah patung tersebut ditunjukan kepada raja. Kisah tersebut masih dipercaya oleh masyarakat hingga sekarang. 

Tari Sigale gale Pada jaman dahulu ditampilkan untuk mengantarkan arwah saat laki - laki meninggal dunia dalam upacara kematian menurut kepercayaan masyarakat Batak di Samosir yang merupakan sebuah tradisi turun temurun. 

Kini tarian tersebut jarang ditampilkan dan mulai berkurang. Sebagai pewaris budaya dan untuk melestarikan tradisi tari Sigale gale tarian unik ini sekarang ditampilkan sebagai pertunjukan tari daerah dalam berbagai acara adat budaya. 

Pertunjukan tari Sigale gale dengan iringan musik tradisional dan boneka digerakan oleh beberapa orang dengan cara memegang tali, gerakan boneka menari layaknya manusia. Tari ini ditampilkan dengan durasi 1 jam dan terdapat juga beberapa penari yang mengikuti gerak tari boneka sigale gale. 

Keunikan dari gerakan boneka sigale gale yang menyerupai manusia karena kerangka yang dibuat sama seperti persendian manusia sehingga gerakan boneka terlihat luwes seperti manusia dengan gerakan yang bervariasi layaknya gerak tarian tradisional Batak.

Iringan yang digunakan untuk tari Sigale gale adalah alat musik tradisional yang disebut dengan gondang. Gondang terdiri dari alat musik gendang, suling dan gong yang dimainkan sesuai gerak penari. Kini seiring perkembangan banyak yang menggunakan rekaman yang dianggap praktis walau banyak seniman yang mempertahankan musik pengiring agar terkesan seni dan terkesan tradisional.

Busana tari yang dipakai adalah busana tarian khas Batak Samosir yang dilengkapi dengan ulos yang merupakan ciri khasnya sama dengan busana yang dipakai boneka sigale gale.

Demikian ulasan seni Tari Tor Tor Sigale Gale Boneka Kayu Yang Menari Tarian Adat Samosir. Dapatkan ulasan kesenian daerah yang berasal dari Samosir juga ulasan seputar seni budaya tradisional maupun modern Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel