Musik Seriosa Dan Teknik Vokal

Musik Seriosa Dan Teknik Vokal - Musik Seriosa menurut pengertianya merujuk pada teknik pengungkapan lagu yang secara bersungguh - sungguh dan bukan hanya pada bentuk atau komposisi lagu dan penyanyi diharuskan mampu untuk mengungkapkan lagu secara serius.

Dalam teknik menyanyi diperlukan interpretasi secara tepat dan harapkan mampu untuk diterima oleh penikmatnya. Teknik vokal yang baik dibutuhkan dalam musik seriosa ini. Teknik - teknik yang perlu diperhatikan antara lain:

Musik Seriosa Dan Teknik Vokal

1.Intonasi
Nada yang dinyanyikan harus dengan pitch yang tepat. 
  • Diperlukan pendengaran yang baik yang berfungsi untuk menghasilkan nada yang tepat. 
  • Kontrol Pernapasan Teknik pernapasan dibutuhkan untuk mencapai nada tinggi serta rendah, sehingga hasil penyajianya lebih optimal. 
  • Rasa Musikal Perasaan musikal perlu dikembangkan terutama pada penyaji yang berfungsi untuk mengikuti tempo, gerak serta irama dan juga ketepatan nada dengan sajian vokal. Baca Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal.
2. Artikulasi 
Lirik atau syair lagu harus diucapkan dengan jelas serta suara yang terbentuk, Pembentukan lafal atau syair dipengaruhi oleh alat ucap, antara lain: rongga hidung, lidah, langit - langit mulut, bibir dan gigi. 

Sedangkan faktor yang diperlukan agar artikulasi tercapai antara lain: 

- Sikap badan yang tegak.
- Posisi mulut dalam memproduksi vokal.

3.Pernapasan 
Jenis pernafasan yang digunakan untuk menyanyi seriosa adalah dengan pernapasan diafragma yang berfungsi untuk menghasilkan suara yang baik pada saat menyanyi. 

4.Pembawaan
Dibutuhkan dengan ketepatan interpretasi keberhasilan seorang penyaji vokal dalam mengungkapkan isi suatu lagu serta penafsiran yang melatarbelakangi penciptaan lagu tersebut. 

Improvisasi kalimat lagu dengan berbagai ornamentasi juga diperlukan. Selain itu juga teknik pernapasan, pemenggalan frase lagu (frasering), penguasaan jangkauan nada (ambitus) serta teknik pembentukan suara dan teknik vibrasi yang dilakukan dengan serius.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel