Bentuk dan Ragam Bentuk Dasar Benda Beserta Contoh Dan Penjelasan

Bentuk & Ragam Bentuk Dasar Benda - Benda - Benda yang terdapat disekitar manusia baik alam maupun ciptaan manusia memiliki bentuk yang sangat beraneka ragam, tetapi bentuk - bentuk yang beraneka ragam tersebut secara garis besar dikelompokan menjadi dua kelompok yaitu:
  • Geometris
  • Nongeometris. 

Bentuk benda - benda geometris yang terdapat disekitar manusia contohnya bentuk silinder, kubus, kerucut, bola dan piramida. Bentuk tersebut adalah contoh bentuk dasar benda yang berarti semua ragam bentuk yang terdapat disekitar manusia bila dicermati berbentuk geometris. Contoh bentuk geometris disekitar manusia misalnya: gelas, kursi, meja, cangkir serta bentuk dasar kubus. 

Bentuk & Ragam Bentuk Dasar Benda

Ragam Bentuk Benda

Bentuk benda geometris dibagi menjadi dua yaitu:

- Bentuk benda Silindris berasal dari kata silinder
- Bentuk benda Kubistis berasal dari kata kubus

Sedangkan bentuk nongeometris disebut dengan bentuk bebas. Jadi, Dengan demikian berdasarkan pembagian tersebut, maka ragam bentuk benda yang terdapat di dalam seni rupa terbagi menjadi tiga, yaitu silindris, kubistis dan bentuk bebas.

Bentuk - Bentuk Benda Dalam Seni Rupa:

  • Bentuk Silindris
Bentuk silindris adalah benda yang berbentuk silinder, contoh bentuk benda silindris yang diciptakan oleh para seniman seni rupa beraneka ragam. Adapun para seniman seni rupa yang menciptakan benda - benda yang berbentuk silindris antara lain: cangkir, poci, vas bunga, poci dan guci.

  • Bentuk Kubistis
Bentuk Kubistis adalah benda - benda yang tampak dengan bentuk dasarnya kubus. Benda karya seni rupa yang diciptakan oleh para seniman seni rupa dengan bentuk kubistis misalnya, meja, lemari, kursi, bufet, rak sepatu dsb. 

  • Bentuk Bebas
Benda yang memiliki bentuk bebas adalah benda - benda yang berbentuk tidak teratur tidak termasuk silindris dan kubistis. Adapun benda - benda yang diciptakan oleh para seniman dan tergolong bentuk bebas antara lain: ukiran, relief, patung, ukiran, tumbuhan dan binatang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel