Konsep dan Fungsi Seni Ragam Hias / Ornamen

Konsep & Fungsi Seni Ragam Hias / Ornamen  - Ragam Hias juga disebut ornamen adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia dari sekian banyak karya seni yang semakin berkembang sebagai perwujudan cita rasa keindahan. 

Contoh Penerapan Karya Seni ragam Hias

Karya seni ragam hias pada kriya tekstil misalnya: ragam hias yang diterapkan pada batik dan tenun. 
Karya seni ragam hias pada kriya kayu dan logam misalnya peralatan rumah tangga, meja, kursi, lemari, tempat tidur dan masih banyak lagi. 

Konsep & Fungsi Seni Ragam Hias / Ornamen

Secara etimologi ragam hias atau ornamen berasal dari kata "ornare" yang berarti menghiasi. Ragam hias adalah karya seni rupa yang dibuat dan berfungsi sebagai hiasan pada produk sehingga lebih indah dan bermakna dan menambah nilai ekonomi. Misalnya ukiran pada meja dan kursi pada seluruh permukaan atau sebagian permukaan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibanding meja dan kursi tanpa ukiran. 

Ragam hias juga dapat digunakan sebagai ciri khas atau identitas suatu daerah contohnya ragam hias Kalimantan, Ragam hias Papau, ragam hias Jawa tengah, ragam hias Sumatera, ragam hias Bali dan daerah yang ada di Nusantara. 

Ragam hias juga digunakan untuk mengisi kekosongan pada suatu bidang atau juga memberi fungsi simbolis misal ragam hias burung atau nekara perunggu sebagai simbol arwah nenek moyang. 

Sekumpulan pola hias disusun sehingga menjadi ragam hias, Sedangkan pola hias tersusun dari sekumpulan motif hias. Contohnya :

a. Motif geometris disusun menjadi pola hias geometris.
b. Motif Manusia disusun menjadi pola hias manusia.
c. Motif hewan disusun menjadi pola hias hewan.
d. Motif tumbuhan disusun menjadi pola hias tumbuhan
e. Motif benda alam disusun menjadi pola hias benda alam. 

Motif hias adalah pokok pikiran serta bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias dan meliputi berbagai bentuk alami ciptaan Tuhan, misal: manusia, hewan, tumbuhan dan benda alam lainya. 

Pola hias juga berfungsi sebagai unsur dasar serta digunakan sebagai pedoman dalam merancang hiasan. 

Jadi, Ragam adalah susunan pola hias yang menggunakan motif hias dengan kaidah tertentu yang terdapat pada suatu bidang atau ruang, sehingga menghasilkan gambar ataupun bentuk indah dan bermakna.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel