Klasifikasi dan Proses Perancangan Karya Tekstil

Klasifikasi & Proses Perancangan Karya Tekstil - Sangatlah beragam jenis rancangan tekstil, sehingga perlu diketahui terlebih dahulu berbagai jenis kain yang dibuat dengan cara di pres, diikat dan ditenun serta berbagai cara lain yang dilakukan dalam membuat kain.

Benang dan serat adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan kain. Benang dan serat tersebut di tenun atau dirajut dengan tujuan untuk menghasilkan barang dengan bentuk memanjang. Jumlah serat menentukan kualitas kain. Selain jumlah serat juga jenis serta tekstur serat, variasi dalam tenunan serta rajutan. Berikut ini proses perancangan karya tekstil yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

Klasifikasi & Proses Perancangan Karya Tekstil

a. Dalam waktu pembuatan kain perancangan berdasarkan struktur dilaksanakan, misalnya jeratan, anyaman tenun serta jalinan renda.

b. Setelah pembuatan kain selesai perancangan berdasarkan permukaan dilaksanakan, misalnya sulaman, batik, boridir dan songket.

c. Setelah kain berupa pakaian perancangan penerapan hasil tekstil di laksanakan, misalnya tekstil untuk kebutuhan rumah tangga.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel