Pengertian Bahan Tekstil Dan Mengenal Bahan Tekstil

Pengertian Bahan Tekstil Dan Mengenal Bahan Tekstil - Pengertian Bahan Tekstil, karena jenisnya yang beragam istilah tekstil sangatlah luas. Melalui serat yang dipintal kain dihasilkan dan pada umumnya menghasilkan benang panjang yang digunakan untuk di tenun atau di rajut. Sedangkan cara pembuatan kain antara lain dengan cara ditenun dan diikat serta di pres. 

Perkembangan jenis bahan baku seiring dengan perkembangan teknologi. Serat adalah satuan terkecil dari bahan. Jaringan serupa benang atau pita panjang adalah serat (fiber) yang berasal dari hewan dan tumbuhan (batang pisang, ulat, daun nanas dan kulit kayu) yang juga sebagai bahan untuk membuat tekstil, kertas dan sikat. 

Pengertian Bahan Tekstil Dan Mengenal Bahan Tekstil

Terdapat dua jenis serat tekstil yang sesuai dengan asal serat, yaitu serat alami dan serat sintesis. Serat sintesis adalah serat buatan manusia. 

a. Serat Alami
Serat alami adalah serat yang berasal dari tumbuhan atau hewan dengan melalui proses geologis. Misalnya serat laba - laba (sutra) atau wol yang digunakan untuk membuat tekstil dan kertas. 

b. Serat Sintesis atau Buatan
Serat buatan berasal dari bahan petrokimia dan merupakan buatan manusia. Serat buatan juga merupakan polimer buatan yang disusun dengan cara kopolimerasi senyawa kimia yang relatif sederhana dan dapat menghasilkan serat (fiber), perlon, dakron, trivera, terlenka, tetoron, belini, laceri, orlon, silk dan caterina.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel