Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu

Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu - Dalam berkarya seni ragam hias atau ornamen berbahan kayu terdapat beberapa bahan dan peralatan diantaranya: 

Bahan: bahan yang digunakan untuk membuat karya seni ragam hias seni ukir kayu adalah kayu bahan yang bersifat keras dan mempunyai serat lembut misal: mahoni, nangka, jati dan kayu lainya. 

Peralatan: Peralatan yang digunakan untuk membuat benda hias maupun benda pakai banyak ragamnya dengan menggunakan peralatan dasar misal gergaji, pahat, meteran, pensil, serut, penggaris dan siku. Beberapa peralatan untuk mengukir misal: berbagai jenis pahat ukir, palu kayu.

Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu

Jenis Pahat ukir jenis pahat ukir yang digunakan untuk membuat ukiran diantaranya
  • Penguku (Pahat kuku) bentuk mata pahat yang melengkung sehingga pahat ini disebut pahat kuku.Fungsi pahat kuku digunakan untuk membentuk bagian yang melengkung, membentuk cekung, melingkar dan cembung.   
  • Penyilat (Pahat lurus) Bentuk mata pahat lurus dan digunakan untuk membentuk bagian - bagian permukaan yang lurus, datar serta rata dan berfungsi untuk membuat dasaran juga membentuk siku - siku pada bagian tepi ukiran dengan ukuran mata 2 mm hingga 3 cm. 
  • Pahat kol (1/2 bulatan): Pahat ini berbentuk melengkung belahan setengah bulatan, dan digunakan untuk memahat bagian melengkung yang tidak dapat dipahat dengan pahat kuku.
Pahat kol dibagi menjadi dua macam, yaitu:
    -  Pahat kol datar berbentuk permukaan datar dan punggung cembung.
  - Pahat kol suru berupa permukaan cekung dan punggung cembung serta mempunyai ukuran bervariasi mulai dari 0,5 cm - 1,5 cm. 
  • Pangot (Pahat miring) pahat miring berbentuk miring dan meruncing dan tajam sebelah. Pahat ini berfungsi untuk menyempurnakan bentuk ukiran dan merapikan ukiran serta membersihkan sudut atau sela - sela ukiran. Pahat pangot berukuran 0,8 cm - 1,5 cm. 
  • Palu (Gandhen): Palau merupakan alat untuk mengukir dengan berat 300 gram sampai 500 gram. Bahan untuk membuat gandhen menggunakan kayu pilihan yang bersifat keras dan ulet. 
  • Pethel: alat mengukir yang berbentuk seperti cangkul berukuran lebih kecil. Pethel digunakan untuk meratakan permukaan kayu atau menguliti kayu.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel