Teknik Dan Interpretasi Lagu Paduan Suara

Teknik Dan Interpretasi Lagu Paduan Suara - Berikut ini beberapa Teknik dalam menyanyikan lagu. Lagu yang akan dinyanyikan kita ambil contoh lagu "Kepada Temanku Pahlawan". Teknik Dan Interpretasi dan ekspresi paduan suara terdiri dari :
Teknik
  • Kewajaran volume
  • Nada bersih
  • Kesulitan irama
  • Memulai (attack) dan mengakhiri (Release)
    - Attack dibagi menjadi dua: attack nada dan attack kalimat.
    - Kerapian
  • Vowel
  • Balance atau keseimbangan.

Teknik Dan Interpretasi Lagu Paduan Suara

Teknik 

Kewajaran volume 

a. Tidak mudah  menguraikan dengan singkat apa yang dimaksud dengan suara yang wajar. Kita sederhanakan saja; suara yang tidak diperas dari kerongkongan. Urat leher santai, tenang, tidak tegang karena dagu diangkat, terutama waktu menyanyikan  nada yang agak tinggi. Urat - urat tubuhpun santai. 

Kerongkongan dibuka; anak telak diangkat, sehingga rongga mulut dan rongga hidung dapat memperbesar suara yang memberi warna kepadanya. Yang malas mengangkat langit - langit yang lembut (tekak) akan sering berbunyi sengau karena suara menuju lubang hidung. 

Kerongkongan yang tegang sering membuat bunyi menjadi rada gelap.Sikap santai menyanyi adalah sikap yang wajar; suara keluar secara spontan. 

b. Volume Suara tergantung dari penguasaan pernafasan. Pernafasan yang baik adalah pernafasan perut-sekat rongga dada. Menarik nafas dari hidung dan mulut. Dorongan dinding perut -- isi perut -- pernafasan diafragma yang mengatur volume. 

Lagu yang kita hadapi ini secara teknis - vokal tidak berat. 

Nada Bersih
Jika para penyanyi sudah terbiasa menyanyi do-re-mi dengan seksama, mudah dicapai. Namun sering not yang rubah (=altered notes) merupakan momok bagi orang yang tidak terlatih.

Demikian ulasan seputar Teknik Dan Interpretasi Lagu Paduan Suara, semoga dapat memberikan pencerahan dalam belajar paduan suara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel