Cara Menentukan Tema Lagu Dan Contoh Judul - Judul Lagu

Cara Menentukan Tema Lagu Dan Contoh Judul Lagu - Berkarya dalam musik terdapat beberapa tema yang menjadi objek dalam lagu. Langkah - langkah berkarya musik lebih terperinci meliputi: 

- Menentukan Tema.
- Menentukan tahap mana yang harus didahulukan.

Berikut ini adalah tahap - tahap mencipta lagu dengan menentukan tema.


Menentukan Tema

Mencipta lagu sama seperti menulis adalah upaya menyampaikan ide, gagasan serta maksud kepada orang lain yang berupa perasaan tentang sesuatu atau keresahan atau informasi tertentu dan itulah yang disebut tema. 

Pengertian tema dalam lagu adalah sesuatu yang diolah oleh pencipta musik yang disampaikan pada pendengar dalam hal berkarya musik mencipta lagu memerlukan pengolahan yang berupa unsur melodi dan harmoni.

Cara Menentukan Tema Lagu Dan Contoh Judul - Judul Lagu

Berikut ini hal - hal yang merupakan Inspirasi dalam berkarya musik, antara lain :
  • Kebesaran dan Kasih Tuhan
Kebesaran serta dan kasih Tuhan sangat agung dan indah yang merupakan keagungan Tuhan tidak ada habisnya dalam memberikan inspirasi. Pada saat apapun, kegagalan, kesuksesan ingat dengan Tuhan, sehingga banyak lagu dengan tema Kemahabesaran Tuhan, contohnya: Syukur karya H. Mutahar. 

  • Keindahan Alam
Bagi panca indera kita bunyi - bunyian yang dihasilkan oleh alam sangat indah selain benda - benda alam, misalnya bunga alam, ombak di laut, burung berkicau dan sebagainya yang dapat di jadikan tema lagu dalam berkarya musik. Tema lagu alam misalnya: 

- Anging Mamiri lagu daerah Sulawesi Selatan
- Pitik Tukung lagu daerah Jawa Tengah

  • Kepahlawanan
Oleh para pejuang mereka mengorbankan dirinya demi bangsa dan negaranya sifat rela berkorban adalah sifat dari para pejuang atau orang - orang besar juga sifat mulia yang ada disekitar kita. 

Sifat para pejuang yang mempertahankan kemerdekaan sangat mengaggumkan dan banyak memberikan inspirasi dalam kehidupan, sehingga banyak komponis yang menciptakan lagu bertema kepahlawanan, misalnya: 

- Burung Dadali 
- Gugur Bunga

  • Lingkungan 
Rasa cinta dengan lingkungan atau kampung halaman juga menjadi tema lagu. Kecintaan dengan kampung halaman terutama di rasakan oleh para perantau karena manusia hidup terikat dengan tempat tinggalnya dan pada saat tertentu mereka pulang, misalnya pada hari lebaran ada tradisi mudik. 

Sikap yang lebih tinggi menjadi cinta tanah air dan  dari lingkungan kampung halaman memberikan inspirasi penciptaan lagu, misal: 

- Kampuang nan jauh di mato
- Tanah Airku

  • Kehidupan sehari - hari
Banyak hal yang unik dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari dan menjadi inspirasi bagi komponis untuk menciptakan lagu, misalnya: 

- Petani yang sabar menanti waktu tanam.
- Menunggu waktu malam untuk berlayar oleh para nelayan.
- Pencarian rotan yang tidak takut dengan tajamnya duri serta semak belukar.

Contoh Lagu bertema lingkungan: 

- Hela - Hela Rotane
- Ayam Den Lapeh

  • Cerita Rakyat
Cerita rakyat seperti dongeng juga menjadi inspirasi para komponis, benar dan tidaknya cerita rakyat tersebut tidak menjadi soal dan menganggap cerita tersebut menjadi miliknya dan bagian keberadaanya. 

Cerita rakyat yang menjadi panutan, misalnya: Malin kundang (Sumatera Barat) dan Sangkuriang (Jawa Barat). Tema lagu cerita rakyat misalnya: 

- Ande - Ande Lumut yang berasal dari Jawa Tengah.

Demikian ulasan Cara Menentukan Tema Lagu Dan Contoh Judul - Judul Lagu. Dapatkan pula ulasan anekaragam teori seni musik dasar dan ulasan nilai yang terkandung pada seni  budaya tradisional dan modern yang berasal dari daerah Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel