Cara Mudah Bermain Gitar Dengan Mengenal (Diagram Akor) Dan Susunan Tangga Nada Kromatis

Cara Mudah Bermain Gitar Dengan Mengenal (Diagram Akor) Dan Susunan Tangga Nada Kromatis - Gitar termasuk dalam alat musik chordofon yang sumber bunyinya dari dawai atau senar. Terdapat dua jenis gitar, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. 

- Gitar akustik tanpa bantuan tenaga listrik dalam permainanya 
- Gitar elektrik dengan bantuan tenaga listrik dalam permainanya

Urutan senar atau dawai gitar berjumlah enam E - B - G - D - A - E. Orang yang mempelajari gitar menyebut akor dengan kunci, misal kunci C, D, E dan sebagainya. sebutan tersebut kurang tepat yang tepat adalah Akor C, D, E dan sebagainya. Sedangkan kunci hanya terdiri dari tiga jenis, yaitu: kunci G, C dan F. Kunci- kunci tersebut lazim digunakan untuk penulisan notasi balok. 

Cara Mudah Bermain Gitar Dengan Mengenal (Diagram Akor) Dan Susunan Tangga Nada Kromatis

Harmoni nada merdu yang dihasilkan dalam permainan gitar didukung dengan permainan jari - jari yang terampil dan cakap serta mantap. Perpindahan jari - jari dalam bermain gitar disebut dengan gerak akor, jadi perpindahan akor satu ke akor yang lain. 

Akor terdiri dari susunan tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara serentak dan menghasilkan nada yang harmonis. Akor juga dikenal dengan trinada tersusun dari tiga nada utama. Nada - nada yang dijadikan akor adalah: 

- Nada utama atau sebagai dasar akor
- Nada kedua atau nada tert (Nada ketiga dari nada dasar)
- Nada ketiga atau nada kuint (nada kelima dari nada dasar)
Dalam bermain gitar dan membawakan lagu tidak hanya menggunakan akor mayor saja tetapi juga akor minor sebagai pemanis lagu. Berikut ini susunan akor tangga nada kromatis, prinsipnya sama dengan tangga nada natural:

Cara Mudah Bermain Gitar Dengan Mengenal (Diagram Akor) Dan Susunan Tangga Nada Kromatis

Cara Mudah Bermain Gitar Dengan Mengenal (Diagram Akor) Dan Susunan Tangga Nada Kromatis

Dalam penerapan gerak akor adalah beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain: 

- Tangga nada yang dipakai
- Aksen melodi
- Frase lagu
- Arah gerak akor

Baik vokal maupaun instrumental nada dasar dan tampilan melodi ditentukan tangga nada dan birama yang digunakan diikuti melodi yang bertekanan. Ekspresi musik terbentuk oleh motif - motif melodi dan gerakan akor menyesuaikan melodi sehingga terbentuk harmoni. 

Secara garis besar melodi yang mengikuti arus irama dengan pola - pola tertentu dan gerak akor dengan permainan pola tertentu pula. Gerakan akor tidak terlepas dari gerak akor utama, akor utama adalah: 

- Tonika           (I)  : C E G
- subdominan (IV) : F A C
- Dominan       (V)  : G B D

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel