Gerak Tari Ragam Gerak Murni Dan Maknawi

Gerak Tari Ragam Gerak Murni Dan Maknawi - Tari adalah gerakan tubuh yang berirama dilakukan di tempat serta waktu tertentu untuk berbagai keperluan misalnya, maksud, mengungkapkan perasaan, pergaulan dan pikiran. Gerak dalam seni tari adalah unsur paling utama yang terbagi menjadi dua, yaitu: 

Gerak murni
Gerak murni adalah mengutamakan keindahan semata, misalnya memutar pergelangan tangan, menggetarkan bahu, memutar kepala. Gerakan murni tidak untuk menggambarkan sesuatu dan lebih mengutamakan keindahan gerak.

Gerak maknawi
Gerakan maknawi adalah gerakan meniru yang mempunyai maksud dan makna, misalnya gerakan tari yang bersumber dari kegiatan sehari - hari seperti menuai, menanam, mencangkul, menebar benih menebar jaring, menghindar, memanah dan sebagainya. Gerakan yang meniru gerak manusia disebut dengan mimitatif.

Gerak Tari Ragam Gerak Murni Dan Maknawi

Selain bersumber dari kegiatan sehari - hari juga bersumber dari alam, misalnya gerakan binatang dan perangainya seperti gerakan burung terbang melayang di udara, kupu - kupu terbang dan berpindah dari tempat satu ke tempat lainya. gerakan kelinci meloncat dan masih banyak lagi gerakan indah lain yang menjadi sumber gerak tari. Gerakan meniru binatang disebut gerak imitatif.Tarian serupa misalnya Tari Burung enggang, Tari Merak DaerahJawa Barat dan banyak masih banyak sekali tarian yang diilhami oleh alam.

Dari kedua gerakan murni dan maknawi dapat dijadikan menjadi suatu rangkaian yang disesuaikan dengan tema tari. Cukup dengan gerakan yang tampak saja dalam merangkai atau menyusun gerak tari karena gerak tarian tidak harus berupa gerakan yang rumit. 

Semoga bermanfaat.   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel