Irama Gerak Tari (Waktu Dan Musik Pengiring)

Irama Gerak Tari (Waktu Dan Musik Pengiring) - Irama Bunyi adalah nada yang telah diselaraskan dengan maksud dan tujuan gerak tari. Hal tersebut terkait dengan iringan dalam tari.  Sedangkan kaitanya ada irama tentunya ada waktu, Dalam tari waktu adalah ukuran yang digunakan untuk mengatur lamanya tarian serta membatasi peristiwa awal sampai akhir menari. 

Gerak tari dalam waktu terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
  • Tempo gerak adalah menyajikan gerak tari mulai sampai gerakan selesai. 
  • Irama gerak adalah waktu yang digunakan dalam tempo dan dinamika untuk menyelesaikan suatu rangkaian gerak tari.
Kaitanya tempo dengan irama dalam tari adalah berapa lama waktu untuk menari. Irama yang lembut serta tempo yang lama jika penari memperagakan gerakan lembut atau halus, dan tempo cepat bila gerak yang diperagakan penari keras dan cepat. Baca Fungsi Irama Dalam PertunjukanTari.

Terdapat dua jenis musik pengiring dalam tarian, yaitu sebagai berikut :
  • Irama diatonis
  • Irama pentatonis
Jenis irama pengiring diatonis, contohnya: musik jazz, dangdut, keroncong dan rock.
Jenis irama pengiring pentatonis irama ciblon, irama ladrang, irama ketawang, irama gangsaran. Irama tersebut dalam contoh irama daerah Jawa.
Gerakan penari yang beragam dengan karakter yang berbeda - beda, sehingga semua musik dapat digunakan sebagai pengiring dalam tarian. Gerakan tersebut misalnya: gerakan kuat dan tegas, lincah dan ringan serta sedang. Baca Jenis Irama Musik Iringan Tari Berdasarkan Asal Suara.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel