Jenis Irama Musik Iringan Tari Berdasarkan Asal Suara

Jenis Irama Musik Iringan Tari Berdasarkan Asal Suara - Irama musik dalam iringan tari mempunyai fungsi yang beragam sehingga tercipta pertunjukan tari sesuai yang diharapkan. Baca Fungsi Irama dalam pertunjukan tari.

Adapun dua jenis irama musik yang digunakan dalam iringan pertunjukan tari, yaitu: 

  • Irama Internal 
Irama yang digunakan untuk pertunjukan tari antar daerah satu dengan yang lainya berbeda - beda, contohnya :
  • Hentakan kaki untuk iringan tarian dengan membaca syair di daerah suku pedalaman Irian.
  • Tepukan bagian tubuh, misalnya pundak, dada  dan membaca syair dengan bahasa ibu seperti yang terdapat pada tarian daerah Aceh. 
  • Decakan mulut tari kecak dari Bali.
Seperti pertunjukan tari Saman selain penari hafal gerakan juga hafal syair lagunya. Fungsi syair lagu yang dinyanyikan tersebut adalah:
  • Memulai
  • Mengikat gerak
  • Mengganti gerakan atau
  • Berpindah
Tanggung jawab yang penuh terhadap kelompok ada dalam individu para penari selain kekompakan. 

Musik internal tidak kalah menarik dengan musik eksternal selain sangat murah meriah juga mudah bila dilakukan bersama. Musik yang dikeluarkan dari tubuh manusia unik serta menyenangkan lebih menarik lagi jika dilakukan secara bersahut - sahutan. 

  • Irama Eskternal 
Terdapat aneka ragam jenis irama eksternal nusantara dilihat dari bentuknya yang berkembang, misalnya perpaduan antara tifa dan drum serta rebana, organ dipadu dengan kolintang. Lebih besar lagi perangkat gamelan yang dipadu dengan musik drum dan organ. Iringan dengan berbagai perpaduan membuat iringan musik lebih menarik, ramai dan semarak. 

Budaya daerah yang tetap mempertahankan musik kedaerahanya hingga sekarang masih banyak dengan bertahan pada alat musik, contohnya: 

- Gamelan slendro dan pelog dari Jawa
- Angklung dan calung dari jawa barat
- Kolintang dari Minahasa
- Talempong dari Minangkabau. 

Keberagaman alat musik daerah yang satu dengan yang lain berbeda - beda. Perbedaan bukan menjadi pecahnya kebersamaan dalam bernegara tetapi Berbhineka Tunggal Ika pengikat satu kesatuan. 

Demikian Jenis Irama Musik Iringan Tari Berdasarkan Asal Suara. Dapatkan juga ulasan seputar seni tari tradisional dan modern juga seni budaya nusantara dan mancangera dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel