Mengaransemen Lagu Mancanegara Di Asia (Unsur Utama Musik Dan Tiga Tujuan Pokok Mengaransemen Lagu)

Mengaransemen Lagu Mancanegara Di Asia (Unsur Utama Musik Dan Tiga Tujuan Pokok Mengaransemen Lagu) - Terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dan dipahami sebelum mengaransemen lagu. Mengaransemen lagu bukanlah pekerjaan yang mudah karena tidak semua musisi dapat mengaransemen lagu. Mengaransemen lagu adalah menggubah sebuah lagu. 

Menurut Kamus Besar Musik yang disusun oleh Pono Banoe, aransemen berarti gubahan lagu untuk orkes kelompok musik baik vokal maupun instrumental. Baca Cara mengaransemen musik acappela.

Arranger adalah predikat khusus bagi seseorang yang mengaransemen lagu. Tugas arranger adalah memperindah lagu atau menyusun lagu dengan tidak merubah isi atau rasa lagu. Oleh karena itu, memerlukan keahlian berbagai teknik bermain musik juga kepekaan rasa. 

Mengaransemen Lagu Mancanegara Di Asia (Unsur Utama Musik Dan Tiga Tujuan Pokok Mengaransemen Lagu)

Hal - hal yang harus diperhatikan sebelum mengaransemen lagu setidaknya memahami unsur utama musik, adalah sebagai berikut: 

- Melodi rangkaian tiga nada atau lebih.
- Harmoni beberapa not yang dibunyikan secara bersamaan.
- Counterpoint sebuah gaya musik yang bersahutan.
- Irama iringan panjang dan pendeknya suatu bunyi yang digunakan untuk mengiringi melodi. 
- Irama lagu cepat serta lambat sebuah lagu yang dimainkan. 

Unsur - unsur tersebut menjadi kesatuan dalam suatu musik atau lagu, dan yang perlu diperhatikan dalam mengaransemen lagu adalah tentang akor dan interval yang berkaitan. Pengetahuan akor adalah suatu permainan alat musik tertentu misal gitar, keyboard, piano dan sebagainya. 

Lagu akan menjadi lebih indah dengan aransemen, berikut ini tiga tujuan pokok mengaransemen lagu, yaitu:

- keperluan penyajian paduan suara
- keperluan penyajian lagu secara instrumentalia
- keperluan memberikan iringan lagu

Mendengarkan lagu yang akan diaransemen berkali - kali serta mempelajari notasi adalah langkah awal sebelum mengaransemen lagu. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel