Sejarah Alat Musik Gitar Banjo

Sejarah Alat Musik Gitar Banjo - Gitar banjo adalah jenis alat musik petik yang dikembangkan oleh budak afrika di amerika serikat dan merupakan gabungan beberapa alat musik afrika. Berdasarkan cara membunyikanya alat musik Banjo ini dengan cara dipetik yang terdiri dari 4 sampai dawai. 

Banjo adalah istilah kimbundu, mbanza dan berdasarkan penelitian Banjo berasal dari senegambia menunjuk pada tongkat bambu yang digunakan untuk leher alat musik ini.

Adapun pendapat oleh seorang musisi pemain Banjo asal Chicago yang melacaknya hingga ke Mali dan mendapati alat musik Banjo berasal dari Afrika Barat. Asal musik Banjo juga diragukan oleh seorang virtuoso Jayme Stone sebagai alat musik asli Amerika.  

Sejarah Alat Musik Gitar Banjo

Jayme Stone adalah pemain banjo yang bertemu dengan 'guru besar' Banjo asal Mali yang bermain alat musik petik ini hanya menggunakan dua senar saja.

Pada tahun 1500 sampai 1700 an kapal budak tiba bersama budak di Amerika. Budak - budak tersebut dipaksa untuk bekerja di perkebunan dan peternakan yang diperkirakan budak tersebut berasal dari Afrika Barat.

Alat musik banjo banyak dipakai dalam berbagai aliran musik, seperti: 

- Musik Country 
- Bluegrass 
- Folk

Lagu - lagu di Amerika seperti country dan bluegrass banyak menggunakan alat musik Banjo dalam iringan lagunya. Bentuk alat musik banjo yang unik dan berasal dari kayu dan labu serta jenis kulit kambing untuk membentuk ruang resonansi di atas senar di depan.

Seiring perkembangan musik alat musik Banjo digunakan berbagai jenis musik populer

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel