Awal Keberadaan Dan Perkembangan Musik Qasidah (Sejarah Musik Qasidah)

Awal Keberadaan Musik Qasidah (Sejarah Musik Qasidah) - Musik Qasidah adalah lagu pujian dengan alat musik iringan rebana. Musik Qasidah mulai ditampilkan oleh kaum Anshar. Anshar adalah sebutan kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam menuju tanah kelahiranya Makkah) ke Yatsrib (Madinah). 

Qasidah dalam bahasa Arab berarti puisi yang lebih 14 bait dan lirik lagunya digunakan sebagai dakwah islamiyah serta nasehat dalam ajaran islam. Alat musik yang digunakan sebagai iringan musik qasidah adalah rebana yang berasal dari bahasa Arab "Robbana" yang berarti Wahai Tuhan Kami (Pujian Kepada Sang Khaliq/Pencinta).

Awal Keberadaan Dan Perkembangan Musik Qasidah (Sejarah Musik Qasidah)

Anggota grup qasidah biasanya berjumlah 10-20 orang dan sebagian besar pemain menabuh alat musik rebana.  

Sekitar tahun 1960an Qasidah mulai populer, lagu sholawat dan dzikir awalnya hanya sebagai lagu puji - pujian di mushola dan berkembangnya lagu arab modern yang dipadu dengan kesenian tradisional munculah nama - nama qasidah modern seperti Nasidah Ria, Nida Ria, EL-Hawa,dll. Sesuai dengan perkembangan zaman Alat musik qasidah modern menggunakan alat musik seperti Biola, gitar elektrik, keyboard dan flute.

Seiring perkembangan musik dunia lagu - lagu qasidah mulai berkembang diberbagai negara - negara islam dan tumbuh berkembang di daerah - daerah yang berciri budaya islami seperti di pesantren - pesantren dan sebagainya lagu qasidah hingga sekarang tetap dinikmati sebagai lagu klasik untuk berbagai keperluan hajatan. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel