Pengertian Musik Barok (Ciri - Ciri Dan Karakteristik Musik Barok)

Pengertian Musik Barok (Ciri - Ciri Dan Karakteristik Musik Barok) - Kata "barok" berasal dari bahasa Portugis yang berarti "mutiara yang tidak berbentuk wajar" yang digunakan istilah seni serta perancangan bangunan pada era tersebut. Kata barok pada tahun 1600-1750 digunakan untuk suatu jenis musik pada waktu itu.

Musik pada zaman Barok hanya terdapat di kalangan bangsawan saja yang dicatat dan diabadikan dan diciptakan serta dipentaskan di kalangan istana. Sedangkan sebagian tari rakyat Barok telah lenyap karena hanya diwariskan secara lisan.

Ciri - Ciri Musik Barok

Para seniman pada zaman Barok lebih kreatif dan genius dan tidak hanya menirukan alam seperti seniman renaissance, tetapi sebaliknya para seniman zaman Barok berkarya dengan kreatif, genius dengan perasaan dan akal pikiran.

Pengertian Musik Barok (Ciri - Ciri Dan Karakteristik Musik Barok)
Organ Pipes

Karakteristik Musik Barok

  • Ekspresi 
Karya musik hanya menyatakan satu ekspresi dasar saja dari awal hingga akhir, misalnya ekspresi gembira maka ekspresi musik "gembira" akan sampai akhir, hal ini terutama dalam musik vokal.

  • Ritme
Pola ritme dalam musik barok digunakan sebagai sarana ekspresi yang berlanjut dan diulang - ulang dengan penekanan ritme dan irama.

  • Melodi
Melodi tema akan diulang terus dan menciptakan perasaan yang berkelanjutan, dan walau dengan variasi melodi tema tetap tidak berubah banyak.

  • Dinamika
Dinamika dalam musik barok secara bertahap dan tidak secara tiba - tiba, tetapi perubahan tetap terdapat pada permainan instrumen untuk mengekspresikan emosi dalam karya musik.

  • Texture atau Pola
Pola polifoni dalam musik barok berbeda dengan musik polifoni renaissance, Dalam musik Barok satu atau dua melodi yang berkejar - kejaran serta berinteraksi satu sama lain seperti pada bagian treble (sopran) dengan bass, melodi utama yang diulang - ulang adalah sebuah pola dasar yang digemari

  • Word Painting
Dalam musik barok tidak hanya sekedar menggunakan notasi tetapi menggunakan emosi lagu dengan berbagai tema yang disesuaikan dengan tangga nada dan musik.

  • Basso Continuo 
Chord atau trinada sangat penting dalam musik barok dan struktur musiknya ada pada bagian bass dan alur melodi bass diiringi oleh permainan musik keyboard (Clavichord/Harpsichord) musik yang berchord, atau disebut dengan istilah Basso Continuo.

Ansambel Basso Continuo

- Cello
- Basson
- Contra bass, dll. 

Alat musik bertuts

- Keyboard (untuk musik sekuler)
- Organ pipa (untuk musik sakral).

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel