Awal Keberadaan Seni Grafis

Awal Keberadaan Seni Grafis - Keberadaan Seni grafis berawal dari Cina digunakan sebagai pengganda tulisan - tulisan keagamaan. Tulisan - tulisan keagaaman tersebut kemudian ditatah dan diukir diatas bidang kayu dan dicetak di atas kertas. 

Kertas ditemukan pertama kali oleh Tsai Lun dan memproduksi secara kerta secara masal pada masa pemerintahan Dinasti Yi. Karya seni grafis banyak ditemukan dinegara Asia seperti Cina, Jepang dan Korea, karya tersebut dengan media kayu atau cukil kayu. 

Awal Keberadaan Seni Grafis

Sedangkan bangsa romawi mengenal teknik cetak digunakan untuk menghias jubah - jubah berupa cetak stempel, karena pada waktu itu bangsa Eropa tidak mengenal kertas sehingga teknik cetak kurang berkembang. 

Seni grafis di Eropa mulai berkembang pada abad ke - 13 setelah ditemukanya mesin cetak oleh Guttenberg serta didirikanya pabrik kertas untuk pertama kalinya di Italia dan perkembangan seni grafis beragam teknik.

Di Indonesia seni grafis pada awalnya sebagai media alternatif bagi para seniman lukis dan pematung. Seni grafis muncul di Indonesia sekitar tahun 1950-an tokohnya Suromo dan Abdul Salam di Yogyakarta dan tokoh lain adalah Baharudin Marasutan ( Jakarta ) dan Mochtar Apin ( Bandung ) karya mereka mayoritas berupa poster perjuangan dengan teknik cukil kayu (woodcut). 

Fungsi seni grafis sebagai media ekspresi dan visualisasi terhadap berbagai hal yang menarik perhatian. Adapun keistimewaan seni grafis adalah penggandaan karya seni dari cetakan pertama sampai terakhir dianggap orisinal dan mencantumkan edisi cetakanya oleh seniman. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel