Arti Apresiasi Seni Rupa ~ Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Arti Apresiasi Seni Rupa :: Pengertian Apresiasi Seni Rupa  - Apresiasi adalah sebuah landasan yang paling pokok dalam mempelajari wawasan seni dan budaya dengan memperluas pengetahuan tentang seni akan lebih mudah untuk mengenal seni. 

Arti Apresiasi Seni Rupa :: Pengertian Apresiasi Seni Rupa
Dari pengertian tersebut arti mengapresiasi adalah berusaha mengerti sehingga menjadi peka terhadap unsur yang terdapat di dalamnya dan mampu menikmati secara sadar dan menilai karya seni dengan baik pada akhirnya. 

Pandangan yang keliru terhadap pengertian seni sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari yang akibat dari informasi yang terbatas tentang pengertian seni. Kesenjangan dilingkungan sosial adalah dampak antara seni dengan lingkungan sosial dan lemahnya kadar apresiasi seni di masyarakat umumnya maupun kalangan pelajar. 

Karya seni yang tercipta menciptakan efek yang pada diri pencipta maupun orang lain.  Karya seni yang dilihat menimbulkan berbagai ragam perasaan, misalnya : suka atau tidak suka, menyenangkan atau tidak menyenangkan, indah atau tidak indah dan sebagainya. 

Pandangan terhadap seni sesuatu yang mempunyai nilai indah tidaklah sepenuhnya benar, karena selain indah ada juga seni yang tidak indah tetapi, tetap saja mengandung kata indah. Keindahan suatu karya seni sesuai dengan seniman yang membuat dan para penikmat seni. 

Seni memang tidak terlepas dari kehidupan manusia sepanjang sejarahnya bahkan seni adalah bagian universal. Seni adalah bentuk dari kebudayaan yang mempunyai nilai indah (estetis) dan mengingat kompleksitas kedalamanya seni hampir tidak didefinisikan.  Pada umumnya pengertian seni lebih terarah terhadap konsep yang muncul secara variatif sesuai dengan pemahaman, penghayatan dan serta pandangan terhadap seni dan dijadikan acuan ataupun batasan. 

Demikian ulasan artikel tentang Arti Apresiasi Seni Rupa ~ Pengertian Apresiasi Seni Rupa, semoga dapat menambah pengetahuan khasanah seni budaya. Dapatkan artikel tentang apresiasi seni di situs Senibudayasia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel